PERLUASAN JANGKAUAN PASAR PELAKU UKM SEPATU CIBADUYUT MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN INTERNET MARKETING

Icih Sukarsih, Eti Kurniati, Gani Gunawan, Respita Wulan

Abstract


Industri sepatu Cibaduyut sebagai salah satu UKM yang menjadi unggulan di Jawa Barat tak lepas dari permasalahan. Salah satu masalah yang dihadapi adalah pemasaran. Kurangnya akses pasar membuat sebagian besar pengrajin hanya memasarkan hasil produksinya dengan cara menunggu pesanan pengusaha. Perkembangan teknologi informasi, hsususnya internet sebagai media pemasaran online belum dimanfaatkan oleh sebagian besar pengrajin. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan keterampilan para pengrajin tentang bagaimana pemanfaatan teknologi internet dalam pemasaran online.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kegiatan yang dilakukan adalah melalui pelatihan dan pendampingan internet marketing. Pada tahap pelatihan peserta diberikan materi berupa teori dan praktek tentang internet marketing, dengan komposisi 20% teori dan 80% praktek. Untuk mengoptimalkan hasil dari kegiatan pelatihan, selanjutnya dilakukan pendampingan terhadap peserta untuk mengaplikasikan hasil dari kegiatan pelatihan.Hasil yang dicapai dari kegiatan pelatihan adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang cukup tinggi dari para pengrajin sepatu Cibaduyut dalam membangun dan menjalankan internet marketing melalui facebook. Dengan meningkatnya kemampuan ini, semua peserta telah berhasil membangun dan menjalankan sistem pemasaran online melaui media social facebook sehingga jangkauan pasar para pengrajin sepatu Cibaduyut semakin luas.

Keywords


internet marketing, jangkauan pasar

References


Kementerian Koperasi dan UKM. (2010). Situs web www.depkop.go.id

Kurniati, E. (2011). Analisis Pengaruh Karakteristik Usaha Kecil Terhadap Efisiensi Industri Sepatu Cibaduyut. Laporan Hasil PKM, LPPM Unisba.

Kurniati, E. (2012). Aplikasi Fungsi Produksi Cobb Douglas untuk Model dan Skala Produksi Industri Sepatu Cibaduyut. Laporan Hasil PKM, LPPM Unisba.

Rahmana, A. (2009). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menegah. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi , Yogyakarta 20 Juni 2009, pp. 11-15.

Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Agustus 2004, pp. 99-112.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License