PENCIPTAAN NILAI FUNGSI BISNIS: SUATU KONSEP PEMBERDAYAAN AGRIBISNIS

Sulistyodewi Nur Wiyono, Hesty Nurul Utami, Tuti Karyani

Abstract


Kabupaten Indramayu merupakan salah satu sentra produksi pangan di Jawa Barat dan memiliki potensi dalam mengembangkan bisnis pertanian yang belum optimal dalam pemanfaatannya terutama pengembangan upaya peluang kewirausahaan masyarakat petani dan pengembangan rantai pasokan agribisnis pangan yang lebih terstruktur. Salah satu pelaku pertanian yang saat ini sedang mencoba mengembangan usaha agribisnis adalah Gabungan Kelompok Tani Mulus sebagai pelaku usaha produksi pangan di Desa Mundakjaya, Kecamatan Cikedung, Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada masa kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Padjadjaran periode Januari tahun 2016, diperlukan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar Gapoktan Mulus memiliki arahan dalam pengembangan bisnis pertanian. Program pengabdian kepada masyarakat secara integratif dengan program KKN dilaksanakan sebagai upaya pengembangan fungsi bisnis produksi Gapoktan Mulus Desa Mundakjaya dan penciptaan nilai tambah produk pertanian. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan yang disertai evaluasi. Hasil program KKNM-PPMD integratif ini mendapat tanggapan yang cukup baik, para peserta pemberdayaan aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan baik pelatihan maupun pendampingan.

Keywords


pemberdayaan masyarakat, penciptaan nilai, agribisnis

References


Chambers, R (1985). Rural Development: Putting The Last First. London, New York: Longman.

Gumbira-Said, E., A. Harizt Intan (2001). Manajemen Agribisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia dan MMA IPB.

Sumarsono (2009). Ekonomi Sumber Daya Manusia, Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumodiningrat, Gunawan (1999). Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suprijanto (2008). Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ma’ruf, Ahmad (2000). Arti Penting Evaluasi dan Monitoring pada Program Pemberdayaan Masyarakat. Aplikasia, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Vol.1 No.1 Desember 2000.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License