PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT DESA CIMUNGKAL KECAMATAN WADO MELALUI WIRAUSAHA SEREH WANGI

Aviasti Anwar, Nugraha Nugraha, Asep Nana Rukmana, Ahmad Arif Nurahman

Abstract


Permasalahan utama di masyarakat yang menjadi mitra kegiatan pengabdian adalah tidak termanfaatkanya potensi dan sumber daya lokal dari sisi keterampilan wirausaha, maupun dana untuk membangun kegiatan produktif yang meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Tujuan utama kegiatan PKM yang diusulkan adalah pemanfaatan lahan kurang produktif melalui pengembangan wirausaha bagi masyarakat lokal sebagai mitra untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian keluarga. Adapun luaran kegiatan sebagai berikut: 1) Pemanfaatan lahan tidak produktif melalui wirausahasereh wangi di desa Cimungkal, 2) Meningkatkan keterampilan wirausaha masyarakat dalam pemberdayaan lahan, 3) Terbentuknya kelompok usaha untuk mengelola wirausaha minyak sereh wangi. Metode PKM yang diterapkan untuk mencapai target luaran adalah 1) Analisis situasi; 2) identifikasi permasalahan utama; 3) Studi literatur; 4) Identifikasi solusi yang ditawarkan kepada mitra; 5) Penyusunan rencana dan jadwal pelaksanaan kegiatan; 6) Pelatihan teknik dan budidaya: penanaman sereh wangi, teknik penyulingan minyak sereh wangi, pengelolaan administrasi keuangan, dan pemasaran; 7) Pembentukan kelompok usaha bersama untuk pengelolaan dan penyulingan minyak sereh wangi, pendampingan usaha bersama, merintis pembentukan koperasi, monitoring kegiatan usaha bersama dan merumuskan tindakan pengembangan wirausaha sereh wangi. 


Keywords


potensi masyarakat, pemberdayaan, wirausaha.

References


Dzikron, M. Dan Aswardi Nasution, (2012), Perbaikan proses produksi dan penerapan teknologi tepat guna bagi Pengrajin Emping Singkong di desa Cijambe, Kab.Sumedang, Laporan Akhir IbM, Hibah Desentralisasi Dikti, Kemendiknas.

Dzikron, M., (2013), Pengantar manajemen wirausaha, pedoman untuk mahasiswa dan calon pengusaha, draft buku ajar LPPM Unisba- PS TI Unisba.

Marlon (2012), Aplikasi perlakuan bahan baku dan metode penyulingan air – uap terhadap rendemen dan sifat organoleptik minyak atsiri.

Yuni Eko Feriyanto, dkk (2013) dalam penelitian pengambilan minyak atsiri dari daun dan batang sereh wangi menggunakan metode destilasi uap dan air dengan pemanasan microwave.

http://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-cimungkal.htm, Kontributor: AMID 'Abdul Malik Imanuddin' Dipublikasikan: 14 Mei 2016, Sumber: BPS Kabupaten Sumedang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License