PEMETAAN ASPIRASI MASYARAKAT TAMANSARI TERHADAP KEWAJIBAN SOSIAL UNISBA

Sri Hidayati Djoeffan, Chusharini Chamid, Chairiawaty Chairiawaty, Kausar Rahman, Vivy Sofiah

Abstract


Dalam laporan tahunan Rektor UNISBA, tahun akademik 2014/2015, disampaikan pada HUT ke-57 dari UNISBA, p. 48. Salah satu program UNISBA yang diusulkan pada tahun 2015 adalah pemetaan kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan UNISBA, terutama masyarakat sekitar UNISBA. UNISBA sebagai salah satu universitas Islam adalah selayaknya prihatin dengan daerah sekitarnya yang telah mendukung kehidupan universitas dan telah dikenal sebagai desa siswa yang memiliki nuansa tersendiri, masalah dan potensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aspirasi masyarakat Kelurahan Taman Sari pada keberadaan UNISBA dengan fokus pada isu-isu lingkungan yang meliputi 3 RW berbatasan langsung dengan UNISBA, yaitu RW 13 dan RW studi 14. Penelitian ini adalah studi tahun pertama yang didanai oleh LPPM UNISBA. Dengan menggunakan Survey Lapangan dan metode partisipatif, ditemukan bahwa ada berbagai potensi dan masalah termasuk degradasi fungsional, lingkungan dan visual serta aspirasi masyarakat. Degradasi fungsional digambarkan oleh pengerasan aturan sempadan sungai. Degradasi lingkungan ditemukan dalam kualitas buruk air, udara lembab, kepadatan tinggi, dan ruang publik yang buruk, dan kurangnya vegetasi dan tanah basah, serta genangan air membuat mengenakan kondisi bangunan. Degradasi visual dilihat dari pemandangan yang tidak membuat nyaman, bau, dan kusam. Berdasarkan masalah dan identifikasi potensi serta aspirasi masyarakat dapat disimpulkan beberapa berbagai strategi penelitian dan program untuk layanan masyarakat dalam jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek yang dapat ditindaklanjuti oleh LPPM Unisba yang dapat melibatkan beberapa fakultas di Unisba.


Keywords


Area/Region, degradation, potential, problems and programs.

References


Abe, 2001, Perencanaan Daerah Memperkuat prakarsa Rakyat alam Otonomi daerah, Jogjakata, Lappera Pustaka Utama eJournal Ilmu Pemerintahan, 2013, 1 (2): 612 - 625 ISSN 0000-0000, ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2013).

Bryant, C. And Whyte.LG, 1989, Manajemen Pembangunan, Jakarta LP3ES.

Delivery, 2004, Pendekatan Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Sumber Daya Alam, www.delivery.com. Diunduh 04 juli 2004.

IRENE, S, 2011, Desenralisasi dan Pertisipasi masyarakat , Jogyakarta, Pustaka Pelajar Nazir.

Sutanto, 2008, Partisipasi masyarakat dlam pelestarian sungai Cikapundung, UPI, Bandung.

Zubaidi, 2007, Wacana Pembangunan Alternatife, Yogyakarta: AR-RUZ Media.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002 Tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License