EVALUASI LINGKUNGAN DAN METODE KERJA DI SENTRA RAJUT BINONGJATI

Kristiana Asih Damayanti, Paulina Kus Ariningsih

Abstract


Pentingnya aspek keselamatan (safety) dipertimbangkan di setiap industri menjadi dasar kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan.  Fokus Industri Kecil (UKM) yang lebih banyak untuk memenuhi target produksi membuat perhaian pada kegiatan keselamatan kerja saat produksi menjadi prioritas kesekian. Salah satu UKM di Bandung adalah Sentra Rajut Binong Jati. Kegiatan pengabdian masyarakat untuk tujuan UKM sadar safety ini dilaksanakan di Sentra ini, dengan pertimbangan adanya observasi awal yang menunjukkan metode dan lingkungan kerja di beberapa tempat produksi di sentra ini belum tertata dengan baik. Makalah ini menyajikan evaluasi tentang lingkungan dan metode kerja serta upaya perbaikan dari sisi penataan kerja dengan prinsip-prinsip 5S.


Keywords


lingkungan kerja, 5S, evaluasi, sentra rajut

References


Osada, T. (2000), Sikap Kerja 5S, CV Teruna Grafica, Jakarta

Sari, A. E. (2010), Perancangan Troli Makanan yang Ergonomis untuk Lanjut Usia, Skripsi Jurusan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Surakarta: tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License