MODEL ANTRIAN DENGAN PENGALIHAN DINAMIS UNTUK MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA

Erwin Harahap, Icih Sukarsih, Farid H B, M Yusuf Fajar

Abstract


Penelitian ini mengkaji dampak dari padatnya alur transportasi jalan raya berupa kemacetan parah dan antrian kendaraan yang sangat panjang. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengatur panjang antrian secara dinamis pada tiap-tiap titik persimpangan secara seimbang. Model yang digunakan adalah model stokastik pada antrian kendaraan dengan tingkat kedatangan ditentukan berdasarkan distribusi Poisson dan pelayanan pada titik-titik persimpangan berdasarkan pada distribusi eksponensial. Demontrasi dari model antrian dinamis ditunjukkan dengan simulasi menggunakan SimEvents MATLAB-Simulink. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa mode antrian dinamis dapat meminimalisir dampak kepadatan kendaraan yang lebih teratur dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.


Keywords


model antrian, simulasi, simevents, Simulink, kemacetan, tol brexit

References


Direktorat Jenderal Bina Marga (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Jakarta. Tersedia: https://id.wikibooks.org/wiki/Rekayasa_Lalu_Lintas/Karakteristik_kendaraan [29 September 2016]

Badan Pengatur Jalan Tol (2016). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tersedia: http://bpjt.pu.go.id/spm [29 September 2016]

Shears, R. (2016). Is this the world's worst traffic jam? Fifteen motorists die in three days after getting caught in gridlock at Indonesian junction... named BREXIT. [Online]. Tersedia: http://www.dailymail.co.uk/news/article-3678467/Is-world-s-worst-traffic-jam-Fifteen-people-die-getting-caught-gridlock-Indonesian-junction-named-BREXIT.html




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License