Analisis Penerapan Praktik Akuntansi Manajemen (Total Quality Management) dalam Kaitannya dengan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Sky Foam)

Agung Septian Nugraha

Abstract


PT Sky Foam merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Flexible Foam. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Total Quality Management dalam kaitannya
dengan kinerja perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dan studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian
ini kuesioner diberikan kepada manajer-manajer setiap bagian di PT Sky Foam. Berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Penerapan TQM pada PT Sky Foam baik, karena
para responden menyatakan bahwa penerapan TQM di perusahaan sudah ada dalam kriteria baik dimana
perusahan telah mencapai empat dari sepuluh dimensi yang dijadikan sebagai patokan dalam pembuatan
pernyataan. Kinerja perusahaan pada PT Sky foam masuk ke dalam di kriteria baik. Hal tersebut
dikarenakan tiga dari empat dimensi yang dijadikan patokan untuk membuat pernyataan berada dalam
kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT Sky Foam dengan menyebarkan
kuesioner yang berisi pernyataan yang berkaitan dengan penerapan TQM dan kinerja perusahaan, dapat
diketahui bahwa TQM pada PT Sky Foam berada dalam kriteria baik dan kinerja perusahaan pada PT Sky
Foam termasuk ke dalam kriteria baik, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat kaitan antara
penerapTQM dengan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disarankan
bahwa PT Sky Foam yang telah memiliki penerapan TQM yang baik, agar dapat mempertahankannya dan
terus membuat perubahan-perubahan yang lebih baik, PT Sky Foam harus meningkatkan pendidikan dan
pelatihan di bidang soft skill dengan cara meningkatkan team work, contribution, profitability.
Kata Kunci : Total Quality Management, Kinerja Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Besterfield, Dale H. Carol Besterfield-Michna. Glen H. Besterfield. Mary BesterfieldSacre. 1999. Total Quality Management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Fahmi, Irham. (2013). Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi, dan kasus. Bandung,

Indonesia: Alfabeta.

Kaplan, R.S and D.P. Norton. 2000. Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi

Menjadi Aksi. Jakarta. Erlangga.

Mulyadi. 2001. Balance Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk

Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia. Nurul, Wahyuni.

Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja

Perusahaan Melalui Kepemimpinan dan Perilaku Produktif Karyawan.

Nurul Wahyuni. 2011. Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap

Kinerja Perusahaan Melalui Kepemimpinan dan Perilaku Produktif Karyawan.

Pabundu Moh Tika. 2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan.

Jakarta. Bumi Aksara.

Susanty Aries, Diana Puspitasari, Siti Aisyah. 2011. Analisis Hubungan Kepemimpinan

Tranformasional terhadap TQM, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan

(Studi Kasus: PT Telekomunikasi Indonesia Divre IV Jateng & DIY). J@TI

Undip, Vol VI, No 1, Januari 2011.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management (TQM). Edisi

revisi. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v16i1.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614