Analisis “Brand Equity” Siaran Berita Stasiun Televisi Swasta Indonesia

Arif Sugiono, Prima Mulyasari Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan berbagai merek siaran berita stasiun televisi swasta berdasarkan dimensi ekuitas mereknya, dengan memfokuskan pada empat dimensi ekuitas merek, yang meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek. Metode yang digunakan metode deskriptif, dengan analisis data menggunakan tabulasi dan teknik skala. Hasil penelitian dari dimensi loyalitas merek tiga besar siaran berita secara berurutan adalah Buser, Patroli dan Liputan 6 Petang. Dari dimensi Kesadaran Merek tiga siaran berita yang disebut adalah Buser, Patroli dan Liputan 6 Petang. Dari segi asosiasi merek, Buletin Siang dan Liputan 6 Siang (44%), diasosiasikan sebagai siaran berita yang penyajiannya cepat. Patroli (62%) diasosiasikan siaran berita yang penyajiannya akurat (benar dan obyektif) Info Manca Negara (56%) diasosiasikan sebagai siaran berita yang penyajiannya cukup menarik. Dari dimensi persepsi kualitas yang dijadikan pedoman adalah, kecepatan berita 31%, keakuratan aberita 36%, penyajian berita 33%, dengan urutan merek siaran berita Liputan 6 Siang, Buser, dan Patroli.

Keywords


Brand Equity, Televisi Swasta Indonesia

References


Aaker, David, A. 1997. Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall, Inc

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asri, Marwan. 1986. Marketin0g. Yogyakarta: BPFE.

Buchari, Alma. 1998. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung CV Alfabeta.

Burnett, Jhon J. 1993. Promotion Management. Boston: Hongton Mifflin Company.

Boone, Louis E and David L. Kurtz, 1995. Contemporary Marketing Plus, 8 th ed. Texas: Dryden Press.

Craven, David, 1997. Strategis Management, 5 th. Ed. USA: Richard D Irwin Inc.

Donald, Cowell. 1985. The Marketing of Services, 2 th. Ed. London: William Heinemann. Profesional Publishing, Ltd.

Dunn Watson, S. Arnold M Barbon, 1982. Advertisisng: Its Role in Modern Marketing, 5 th ed. New York: CBS College Publishing. Faisal, Sanapiah. 1992. Format-Format Penelitian Sosial edisi 7. Jakarta: Rajawali.

Greemer, Tony, 1990. The Secrets of Succesfull Public Relation and Image Making. Great Britain: Billy and Sons.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, 1999. Principles of Marketing, 7 ed. Englerwood Cliffs, New York: Prentice Hall Inc.

______. 2000. Marketing Management (International Edition ). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Loudon, David, dan Albert Bitta. 1979. Customer Behavior: Concept and Aplication. New York: Mc. Graw Hill.

Mahayana, Dimitri. 1999. Menjemput Masa Depan: Futuristik dan Rekayasa Masyarakat menuju Era Global. Bandung: Rosda Karya.

Marcus, Burton. 1975. Modern Marketing. New York: Random House.

Nasution, S. 2000. Metode Research (Penelitian Ilmiah) Ed. 1 Cet. 3 Jakarta: Bumi Aksara.

Rolph, Anderson. 1991. Profesionals Selling, 1th Ed. Englewood Cliff; New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sumarni, Murti & John Soeprihartono, 1997, Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1998. Strategi Pemasaran Ed. 2. Cet. 2. Yogyakarta: Andi.

Winardi. 1991. Marketing dan Prilaku konsumen. Bandung: Mandar Maju.

Bandung: Mandar Maju.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v5i2.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License