Paradigma Lerner versus Konstruksi Gender

Mien Hidayat

Abstract


Asumsi dasar Paradigma Lerner (dalam komunikasi pembangunan) menyatakan terbukanya suatu wilayah dari isolasi fisik akan mendorong masyarakat berurbanisasi, yang selanjutnya akan menghasilkan literasi. Kedua variabel ini akan memengaruhi partisipasi media massa. Selanjutnya saling pengaruh dari ketiga variabel itu akan bermuara pada partisipasi pembangunan Konstruksi gender yang berlangsung di masyarakat yang berlatar belakang budaya patriarkhat ternyata mampu memandekkan aplikasi pemikiran Lerner, khususnya pada ibu-ibu rumah tangga. Urbanisasi tidak berjalan karena gender mengonstruksikan ibu-ibu rumah tangga untuk mendiami wilayah domestik. Gender juga menebar faham, pendidikan lebih diprioritaskan untuk anak laki-laki ketimbang anak perempuan dengan alasan laki-laki akan menjadi kepala rumah tangga yang bertanggung jawab terhadap keluarga. Terhambatnya aplikasi kedua konsep ini cenderung memperkecil akses perempuan pada media massa, yang pada akhirnya mengondisikan ibu-ibu rumah tangga (perempuan) dihimpit keterbatasan dalam partisipasi pembangunan.

Keywords


paradigma lerner, konstruksi gender, partisipasi media.

References


Abraham, Francis M. terjemahan M. Rusli Karini. 1991. Modernisasi di Dunia Ketiga: Suatu Teori Umum Pembangunan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Agus Dwiyanto dan Muhadjir Darwin. (ed) 1996. Seksualitas, Kesehatan Reproduksi dan Ketimpangan Gender. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Baumhouer. 1995. “From the 1985 World Conference on Women in Beijing.” Dalam BATU Research and Documentation Center Journal. Volume IV no 2. 1995. Manila. Philippines.

Galvin, Kathleen M. and Bernard J. Brommel. 1982. Family Communication: Cohesion and Change Gleview. Illionis: Scott, Foresman and Company.

Ida Bagoes Mantra. 1999. Mobilitas Penduduk Sekuler dari Desa ke Kota di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Studi Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Inkeles, Alex. 1981. “Making Man Modern: On The Causes and Consequences of Individual Change in Six Developing Countries.” American Journal of Sociology – 75.

Lerner, Daniel. 1978. Memudarnya Masyarakat Tradisional. Muljarto Tjokrowinoto (Ed). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Lorber, Yudith. 2000. Using Gender to Undo Gender.Feminist Theory. Volume 1. London: Sage Publications.

Pudjiwati Sajogyo. 1985. Peranan Wanita dalam Perkembangan Masyarakat Desa. Jakarta: Rajawali.

Rosengren, Karl Erik. 1974. “Uses and Stratification A Paradigm Outlined.” Dalam Blumler, Jay G. and Elihn Kotz (Editors). The Uses of Mass Communication: Current Perspectives on Stratifications Research. London: Sage Publications. Beverly Hills.

So, Alvin Y. 1990. Social Change and Development: Modernization, Dependency and World System Theories. Sage Library of Social Reseach 178. Newbury Park. London. New Delhi: Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v7i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License