Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA

Tresna Wiwitan, Neni Yulianita

Abstract


Unisba dan Unissula merupakan perguruan tinggi islam swasta yang telah menguasai local brand/regional brand, dimana sama-sama mengusai pasar lokal untuk bidang lembaga pendidikan tinggi islam.   Di era MEA ini Unisba dan Unissula harus kerja keras dalam upaya bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di ASEAN.  Marketing PR merupakan sinergi antara kegiatan marketing dengan strategi public relations, dengan Marketing PR diharapkan perguruan tinggi dapat menciptakan dan memperkuat brand sebagai perguruan tinggi Islam yang mempunyai citra dan reputasi yang baik. Penelitian ini bertujuan mengkaji, menganalisis perencanaan Marketing PR dan peluang serta tantangan Marketing PR di era MEA, dengan menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus.  Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Teori Manajemen Relasi (Ledingham) dan Analisis SWOT.  Hasil Penelitiannya: 1) Dalam menyusun perencanaan Marketing PR, Humas harus melakukan manajemen relasi dengan siswa, guru/sekolah, orangtua, wartawan dan stakeholders melalui komunikasi yang berkesinambungan, 2)  Peluang dan tantangan startegi Marketing PR dalam analisis SWOT dapat dilihat dari aspek: a. Strategi Strengths-Oppurtunities, yaitu mempertahankan dan memperkuat nilai Islam dalam kegiatan Marketing PR, b. Strategi Weaknesses-Oppurtunities, yaitu mengedukasi publik internal tentang konsep Public Relations dan Marketing PR, c. Strategi Strengths-Treats, artinya di era MEA ini PTIS harus meningkatkan kerjasama dengan stakeholders di dalam maupun luar negeri, dan d. Strategi Weaknesses-Treats adalah meningkatkan kualitas akademik dosen dan mahasiswa, serta mutu pelayanan prima bagi publik internal dan eksternal.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Marketing PR, Strategi.


Keywords


Analisis SWOT, Marketing Public Relations, Strategi

Full Text:

PDF

References


Cutlip, Scott. M, Center, Allen H, dan Broom, Glen. 2001. Effective Public Relations. New Jersey. Prentice-Hall Inc.

Gregory, Anne. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Harris, Thomas L. 1991. The Marketer’s Guide to Public Relations. New York. John Wilwy and Son Inc.

Heat, Robert L. 2005. Encyclopedia of Public Relations, volume 1 & 2. London:Sage Publicatios Inc.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal; Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta. Kencana Prenamedia Group.

Nisak, Zuhrotun. 2014. Analisis SWOT untuk Menentukan Strategi Kompetitif. jurnal.unisla.ac.id.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Soemanagara. 2012. Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis dan Terapan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Wijaya, Lina Sinatra dan Krismiyanti. 2013. Identifyng Marketing Public Relations Strategies Implemented in Private Universities for Increasing Intake in Cental Java-Indonesia. Researchers World – Journal of Art, Science & Commerce.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License