Citra Caleg Perempuan dalam Framing Media Online

Yenni Yuniati, Dedeh Fardiah

Abstract


Fenomena tentang berita-berita pemilu memperlihatkan bahwa perempuan kurang mendapat akses ke dunia publik, karena representasi perempuan di media lebih kecil, hampir setengahnya, daripada representasi laki-laki yang dijadikan sebagai narasumber oleh media cetak nasional. Dilihat dari komposisi perbandingan status perempuan dan laki-laki yang menjadi narasumber, masih ada kecenderungan media belum memberikan akses yang sama dan berimbang bagi semua profesi yang ada, khususnya perempuan, untuk menjadi narasumber utama. Perempuan masih lebih banyak diletakkan sebagai sumber pengamatan saja.

Kecenderungan di atas muncul akibat konstruksi pemberitaan media yang bias gender. Dalam tulisan ini peneliti mengulas  kajian  tentang citra perempuan dalam pemberitaan di media online Penelitian  ini adalah  berita yang terdapat di media on line Kompas.com dan Detik.com yang memuat berita  Caleg Perempuan peserta Pemilu 2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis framing dari Robert N. Entman.

Hasil penelitian menunjukkan Framing Kompas.Com dan Detik.Com mendefinisikan masalah berita terkait caleg perempuan adalah bahwa perempuan yang berani mencalonkan diri kebanyakan terdiri dari orang-orang populer. Sedangkan  perkiraan masalah berita terkait caleg perempuan pada pemilu 2014  secara umum peneliti mengelompokkan pada tiga kategori yakni citra fisik,  citra populer dan citra konflik. Keputusan moral yang diajukan  hasilnya menunjukkan menjadi alasan ekonomis,politis, pragmatis dan estetis.Rekomendasi penyelesaian yang diajukan yakni caleg perempuan dapat menjadi anggota parlemen jika memenuhi faktor pengetahuan dan pendidikannya, sisi spiritualnya, sisi perekonomiannya dan sisi peran publiknya di dunia politik.

 


Keywords


Citra Perempuan, Politik, Framing, Media

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A and Joh G.Myers,2000, Advertising Management, India : Prencite Hall of India, Privat Ltd.

Assael, Henry, 1987, Consumer Behaviour and Marketing Action, Fourth Edition PWS, Kent Publishing Company, Boston.

Berger, Peter L. & Thomas Luckmann, 1990 Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (Judul asli: The Social Construction of Reality, A Treatise in the Sociology of Knowledge), LP3ES, Jakarta.

Entman, Robert M,. 1993. “Framming: Toward Clarification Of A Fractured Paradigm”, Journal Of Communication, Vol. 43. No. 4, Autumn

Eriyanto. 2002. Analisis Framing. Konstruksi Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta :LkiS

Jefkin, Frank, 1987, Hubungan Masyarakat, Jakarta Erlangga.

Kovach, Bill & Tom Rosenstiel. 2004. Elemen-elemen Jurnalisme. Jakarta: ISAI.

Hidayat, Dedy N., “Paradigma dan Perkembangan Penelitian Komunikasi”, Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia No. 3, April 1999 a

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta: Granit.

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran, Jakarta.PT Prenhalindo

Ibrahim, Idy Subandi dan Hanif Suranto (ed.), 1998, Wanita dan Media Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru, Bandung, Remadja Rosdakarya.

Masduki, 2003 . Radio Siaran dan Demokratisasi, Yogyakarta, Penerbit Jendela.

Nimmo, Dan D. 1999. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Septiawan Santana. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita: Perspektif Sajak-Sajak Toeti Heraty. Bandung: Penerbit Nuansa.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto, 2007, Dasar-Dasar Public Relations, Bandung, PT Remadja Rosdakarya.

Sumber lain :

http://www.globalmuslim.web.id/2013/04/menyoal-fenomena-caleg-perempuan.html diakses 16 Februari 2014

Dedy N. Hidayat, “Paradigma dan Perkembangan Penelitian Komunikasi”, Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia No. 3, April 1999: 32-43.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License