Implikasi Perkembangan Pertelevisian Pascaderegulasi terhadap Media Cetak

Askurifai Baskin

Abstract


Dasar pemikiran tulisan ini dilandasi perkembangan siaran televisi swasta yang semakinberkembang, dalam arti beragamnya pilihan stasiun tv swasta dengan acara yang bervariasi,di samping dukungan kebijakan pemerintah me/alui UU Penyiaran. Permasalahannya adalahbagaimana hubungan antara media cetakyang sudah lebih dahulu muncul dengan masuknyamedia elektronika dan broadcasting house? Kedua jenis media ini sebetulnya memilikikelebihan, sekaligus kekurangan. Ketika budaya televisi tumbuh dengan pesat, munculkekhawatiran dari sementara pengelola surat kabar akan semakin surutnya pembaca yangmenjadi surut. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa masing-masing mediamemiliki tingkat efisiensi tertentu yang tergantung dari message dan target khalayaknya.Da/am mengatasi persaingan, media cetak terus berupaya meningkatkan produksi danprofesionalismenya selain dengan mempertahankan segmen pembaca tertentu. Namun,pada perkembangan selanjutnya ternyata antarkedua media tersebut terjadi hubungankerja sama positif Masing-masing media saling memanfaatkan dan mendukungkelebihannya masing-masing

Keywords


Media Massa, Televisi, Media Cetak

References


Bari, M. Habibi, Teknik dan Komunikasi Penyiar TV, Radio, MC, Sebuah Pengetahuan Praktis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1995.

Chen, Milton, Anak-anak dan Televisi, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1996

Efendy, Onong Uchjana, Televisi Siaran Teori dan Praktek Bandung: Mandar Maju, 1993.

Hidayati, Arini, Televisi dan Perkembangan Sosial Anak Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Ishadi SK, Dunia Penyiaran Prospek dan Tantangannya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

----, Prospek Bisnis Informasi di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Majalah Film, No. 12 Th. 2000

Majalah Film, No. 13 Th. 2000

Panjaitan, Hinca_Memasung Televisi, Kontroversi Regulasi Penyiaran di Era Orde Baru, Jakarta : Institut Studi Arus Informasi, 1999.

Wahyudi, JB Dasar-Dasar Jurnalistik Radio dan Televisi, Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, 1996.

----, Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 1994

Theo Stokkink, The Professional Radio Presenter, Yogyakarta : Kanisius, 1997




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v1i1.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License