Sebuah Perspektif Baru Humas

Elvinaro Ardianto

Abstract


Teknologi internet telah mengubah pola komunikasi Public Relations sebelumnya yang masih konvensional, seperti komunikasi dari atas ke bawah, bawah ke atas, horisontal, atau pola komunikasi massa yang dilakukan. Semua itu telah mereka tinggalkan dengan pola yang lebih aktual setelah lahirnya Internet. Internet dan intranet ini membawa pola di era informasi dalam bentuk jaringan teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses ke mana saja untuk mememnuhi kebutuhannya. Bagi organisasi atau perusahaan yang mengadopsi Internet akan mengalami perkembangan pesat di tengah-tengah masyarakat informasi yang semakin heterogen dan dapat meraup khalayak atau pasar sasaran yang lebih besar jumlahnya. Melalui internet pula annual report (laporan tahunan) yang dibuat divisi PR, perusahaan dapat memasukkannya ke dalam situs Web perusahaan atau perusahaan jasa PR di internet.

Keywords


Public Relations, Perspektif Baru

References


Holtz, Shel. 1999. Public Relations on the Net. New York: Amacom.

Jefkins, Frank. 1995. Public Relations. Alih Bahasa: Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

LaQuey, Tracy. 1997. Sahabat Internet. Penerjemah: Hans J. Wospakrik. Bandung: Penerbit ITB.

Nasution, Zulkaremein. 1989. Teknologi Komunikasi dalam Perspektif Latar Belakang dan Perkembangannya. Jakarta; Lembaga Penerbit FE Universitas Indonesia.

Reddick, Randy dan Elliot King, 1996. Internet untuk Wartawan; untuk Semua Orang. Penerjemah: Masri Maris. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rogers, Everett M. 1986. Communication Technology: New media in Society. New York: Free Press.

Webster, Frank. 1995. Theories of the Information Society.

London and New York: Routledge.

Wriston, Walter B.1996. The Twilight of Soverignty. Penerjemah: Lien Amalia dan Lina S. Sumantri. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i1.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License