Tipografi: Sebuah Pengantar Dendi Sudiana

Dendi Sudiana

Abstract


Sering dinyatakan bahwa “era milenium baru merupakan era masyarakat tanpa kertas” (paperless society) dan akhir dominasi grafika lama. Adakah yang lestari? Pada awalnya adalah kata, kemudian t ulisan, lalu tipografi. Demikianlah, pekerjaan penerbitan buku, surat kabar dan sebaran lainnya, baik melalui media cetak nyata maupun mayatara (cyberspace)

Keywords


-

References


Bolen, William H., Advertising, 2ed., New York, 1984: John Wiley & Sons.

Bolen, William H., Editors of the Harvard Post, How to Produce a Small Newpaper, Massachusetts, 1978: The Harvard Common Press.

Meyer, Susan E., Designing with Type, New York, 1980: Watson-Guptill Publications.

Nelson, Roy Paul, The Design of Advertising, Dubuque, Iowa, 1977: WM.C. Brown Company Publishers.

Rogers, Geoffrey, Editing for Print, London, 1985: Quarto Publishing Ltd.

Scheider, Georg, Perihal Cetak Mencetak, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sudiana, Dendi, Komunikasi Periklanan Cetak, Bandung 1986: Remaja Karya CV.

Turnbull, Arthur T., and Baird, Rusell N., The Graphics of Communication, Fourth Edition New York, 1980: Holt, Rinehart and Winston.

Pambudi, Hassan, “Kerjasama antara pengarang - Penyunting - Pewajah Buku”, Makalah, Kerjasama Asia Cultural Centre for UNESCO dan Pusat Grafika Indonesia, Jakarta, 7 - 25 September 1981: Training Course on Book Production.

Surjaman, Tjun, “Pengetahuan Dasar Grafika”, Makalah, disampaikan pada penataran calon Pengelola Penerbitan Perguruan Tinggi, Bandung tanggal 4 - 14 Maret 1985.

Penyuluh Grafika, Jakarta: Pusat Grafika Indonesia




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v2i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License