Pengaruh Berita di Surat Kabar terhadap Persepsi Mahasiswa tentang Politik

Yenni Yunita

Abstract


Penelitian dengan menggunakan Agenda Setting ini dipusatkan pada pengaruh pemberitaan dalam kampanye politik terhadap persepsi mahasiswa. Dua subjekyang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) kajian mengenaipengaruh pemberitaan dalam kampanye politik dan (2) persepsi mahasiswa terhadap pemberitaan media massa dalam kampanye politik. Hasil penelitian, antara lain, menunjukkan, penyajian berita organisasi peserta pemilu (OPP) berpengaruh terhadap pembentukan persepsi mahasiswa tentang partai politik. Ini mengandung arti, semakin banyakpemakaian kolom oleh OPp, semakin positif terbentuknya persepsi mahasiswa terhadap partai politik.

Keywords


Berita, Surat Kabar, Persepsi Mahasiswa, Politik

References


Al Rasyid, Harun. 1992. Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala Diktat Kuliah, Bandung, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Assegaff, Dja'far H. 1983. Jurnalistik Masa Kini, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Atkinson, Rita. L & Richard C. & Hilgard. 1997. dalam Dharma, Agus-Adryanto, Pengantar Psikologi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Azwar, Saifudin. 1988. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya (Seri Psikologi), Liberty, Jakarta.

DeFleur, Melvin L. dan Sandra Ball-Rockeach. 1982. Theories of Mass Communication, 5th.ed., Longman Inc., New York.

Depari, Edward & McAndrews, Colin. 1982. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

DeVito, Joseph A. 1978. Communicology, Harper & Raw, New York.

Effendy, Onong Uchjana. 1994 Ilmu, Teori dan Praktek, Citra Aditya Bakti, Bandung

Hays, Williams, L., 1976. Quantification in Psychology, Prentice Hall, New Delhi.

Junaedie, Kurniawan. 1980. Pers Indonesia, Gramedia, Jakarta.

Klapper, Joseph T. 1960. The Effects of Mass Communication, The Free Press, New York.

King, Robert. 1979. Fundamental of Human Communication. MacMillan Publishing Co., New York.

Krech, David, Crutchfield. 1962. Individual In Society. McGraw-Hill Kogakusha, Ltd., New York.

Littlejohn, Stephen W. 1995. Theories of Human Communication. Wadsworth Publishing Company, New York.

Suwardi, Harsono. 1993. Peranan Pers Dalam Polilik di Indonesia, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Tan, Alexis. 1981. Mass Communication Theory and Research. Grid Publishing Inc., Ohio.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i1.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License