Pemberdayaan Usaha Sektor Maritim (Pariwisata) melalui Humas Internasional dengan Pendekatan Marketing Public Relations

Ani Yuningsih

Abstract


Kondisi usaha sektor maritim bidang pariwisata saat ini mengalami ketertinggalan dan sulit berkembang, karena belum terpanggilnya sumber-sumber investasi, baik dari dalam maupun luar negeri. Padahal, potensi usaha pariwisata bahari di Indonesia sebagai wi/ayah kepulauan sangat besar, tersedia .'lumber daya alam yang melimpah dan tersebar di berbagai wilayah, maka itulah peranan humas sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan citra pariwisata Indonesia melalui pendekatan Marketing PR. agar hasilnya lebih efektifdan eflsien dalam penggunaan pembiayaan publikasi

Keywords


Sektor Maritim, Pariwisata, Humas Internasional, Marketing Public Relations

References


Curtis, Dan. B.et al. 2000. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Penyunting Yuyun Wirasasmita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dahlan, Alwi. 2000. "Tantangan Citra Bangsa: Ketidakpastian dan Pemahaman Hukum. Makalah". Bandung,

Gibson, Jane W. & Hodhetts, Richard M. 1989. Business Communication: Skill and Strategies. New York: Harper & Row Publishers.

Kamaluddin, Laode. 2001. "Peluang Usaha Maritim". Makalah. Bandung.

Kertaputra, Arno. 2001. "Pemberdayaan Humas Perguruan Tinggi melalui Marketing PR". Makalah. Jakarta.

Mardi, Zaenal. 2001. Menyambut Era Globalisasi melalui Pengembangan Pariwisata. Jurnal Kinerja. Bandung.

Meredith, Geoffrey.G,et al. 1996. Kewirausahaan teori dan Praktek. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Ruslan, Rosadi 2001 Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi; Konsep dan aplikasi. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Widia. 2001. "Reformasi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Tinggi Akibat Globalisasi". Makalah. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i1.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License