Opini Komunitas Warga Sekitar Tentang Maraknya Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi Deskriptif Analitis Tentang Opini Komunitas Warga Sekitar Pkl – Tamansari, Kepatihan, Dan Dalem Kaum – Kota Bandung)

Neni Yulianita, Moh. E Fuady

Abstract


Penelitian dengan judul “Opini komunitas warga sekitar tentang maraknya Pedagang Kaki Lima (PKL)” ini, dilakukan oleh pengajar/dosen tetap Fakultas Ilmu Komunikasi (FIK). Permasalahan penelitian adalah tentang bagaimana opini komunitas warga sekitar PKL mengenai keamanan,  ketertiban,  ketenangan,  kenyamanan,  keindahan,  kebersihan, dan  keramah-tamahan (7“K”) akibat maraknya PKL. Sasaran strategis dalam penelitian ini adalah komunitas warga di sekitar lingkungan PKL Jalan Kepatihan, Dalem Kaum, dan Tamansari.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis faktor 7“K” yang dirasakan komunitas warga sekitar, akibat maraknya PKL, sehingga tanggapan yang diekspresikan mereka dapat menjadi masukan bagi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam upaya mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang PKL khususnya dalam merumuskan konsep  community relations berkaitan dengan 7 “K” yang dirasakan oleh komunitas warga sekitar terhadap maraknya PKL tersebut. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: pada umumnya opini komunitas warga sekitar terhadap maraknya PKL, dilihat dari faktor 7“K”  sangatlah bervariasi di antara opini positif dan negatif, Dalam arti, untuk responden tertentu penilaiannya sangat relatif tergantung dari persepsi masing-masing dan atas dasar pengalaman masing-masing dengan para PKL tersebut. Dengan demikian tidak sepenuhnya berada pada kecenderungan tertentu yang bersifat negatif atau positif. Oleh karena itu dari opini tersebut selanjutnya dapat berkembang untuk diyakini tentang adanya kemungkinan di antara kedua belah pihak saling membina hubungan, dan pemerintah memfasilitasi hubungan tersebut dalam kebijakan-kebijakannya.

Keywords


Opini; Komunitas PKL; PKL

Full Text:

PDF

References


Azwar. 1997. Sikap dan Skala Pengukuran Manusia. Jakarta.

BPS (Badan Pusat Statistik). 2001. Propinsi Jawa Barat. Jawa Barat Dalam Angka.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, and Glen M. Broom. 1994. Effective Public Relations. Seventh Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, and Glen M. Broom. 2000. Effective Public Relations. Eighth Edition. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Hidayat, Pikiran Rakyat Cyber Media.

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Lesly, Philip. 1983. Everything You Wanted to Know about Public Relations. Singapore: Mubaruk & Brothers PTE.

Nasution, Zukarimen.1990. Komunikasi Politik. Jakarta.

Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2001. Komunikasi Propaganda. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Pikiran Rakyat, 29 Nopember 2003.

Rakhmat, Jalaluddin. 1989. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: Remadja Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Karya.

Sastropoetro, Santoso. 1987. Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak Dalam Komunikasi Sosial. Bandung: PT.Remadja Karya.

Sunarjo, Djoenaesih S. 1984. Opini Publik. Yogyakarta: Liberty.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1997. Psikologi Sosial. Jakarta.

Singarimbun, dan Sofyan Effendi (Editor). 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Yulianita, Neni. 1999. Opini Publik. Diktat. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi –Unisba.

Yulianita, Neni. 2000. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Alqaprint Jatinangor.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i3.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License