Pembangunan dalam Perspektif Ekofeminisme

Ema Khotimah

Abstract


Pembangunan yang dilaksanakan oleh negera-negara Dunia Ketiga secara paradigmatik telah banyak dikecam dan dikritisi oleh para peneliti di Negara-negara Selatan dan sejumlah Negara Timur. Mengapa? Pertama, karena pembangunan telah banyak menimbulkan dampak sosial, budaya, politik dan ekologis yang harus ditanggung oleh masyarakat yang dikenai pembangunan tersebut. Selain semua kebijakan pembangunan bersifat top-down juga atas nama pertumbuhan ekonomi telah mengabaikan aspek-aspek lainnya selain ekonomi dalam kehidupan masyarakat tersebut. Kedua, pembangunan menempatkan masyarakat terutama kaum perempuan sebagai objek pembangunan, misalnya jelas terlihat dalam kebijakan program Keluarga Berencana.
Oleh karena secara paradigmatik  teori pembangunan diadopsi sepenuhnya dari konsep pembangunan di negara-negara maju, dengan sendirinya indikator-indikator pembangunan pun menggunakan parameter negera-negara maju tersebut. Bahkan,  saat pertumbuhan ekonomi dijadikan tulang punggung keberhasilan pembangunan, parktik pembangunan ini telah menggunakan kepercayaan pada ilmu ekonomi yang “bebas budaya” dengan sendirinya netral. Resiko yang ditanggung pembangunan dengan titik pandang ini sejak pembangunan dicanangkan hingga saat ini masih menyisakan persoalan yang rumit secara sosial, ekonomi, politik, budaya, dan ekologis. Perempuan di Indonesia misalnya,  dengan populasi 49,9% (102.847.415) berdasarkan Sensus Penduduk 2000 dari total 206.264.595  penduduk Indonesia masih menangggung marjinalisasi dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan akses secara politis. Padahal, salah satu tolok ukur Indeks Pembangunan Manusia yang ditetapkan oleh UNDP adalah indeks kesehatan dan pendidikan. Sehingga tidak mengherankan bila Indonesia dari 117 negara yang disurvey untuk Indeks Pembangunan Manusia ini menempati urutan ke 111. Kaum Ekofeminisme menuduh mengejar kemajuan pembangunan hanya menempatkan perempuan sebagai “korban” (objek) pembangunan ketimbang subjek yang ikut serta aktif berpartisipasi dalam proses pembangunan. Berangkat dari fakta tersebut, tulisan ini berusaha melakukan analisis kritis secara paradigmatis atas teori-teori pembangunan dan kedudukan perempuan dalam pembangunan dalam perspektif  Ekofeminisme.  Juga, menawarkan alternatif kerangka paradigmatik teori pembangunan yang sensitif gender dan berbasis budaya yang selama ini diabaikan dalam paradigma pembangunan lama. Karena rendahnya kualitas perempuan dalam akses pendidikan , kesehatan dan politik di Indonesia juga menjadi penyebab rendahnya Indeks Pembangunan Manusia Indonesia.

Keywords


Pembangunan; Ekofeminisme; Indeks Prestasi Manusia (IPM)

References


Sunarto. 2002. Analisis Wacana ”Ideologi Gender” Media Anak-Anak. Semarang : Yayasan Adikarya Ikapi dan Ford Foundation.

Jakt, Dorojatun Kuntjoro. 1984. Teori Pembangunan Ekonomi: Menuju Ketidakpastian? (Memelihara Momentum Pembangunan). Jakarta : Gramedia.

Ibrahim, Idi Subandy. 2004. Dari Nalar Keterasingan Menuju Nalar Pencerahan (Ruang Publik dan Komunikasi dalam Pandangan Soedjatmoko. Yogyakarta : Jalasutra.

Shiva, Vandara dan Mies Maria. 2005. Ecofeminisme: Perspektif Gerakan, Perempuan & Lingkungan. Yogyakarta : IRE PRESS.

Galtung Johan. 2003. Studi Perdamaian: Perdamaian dan Konflik Pembangunan dan Peradaban. Surabaya : Pustaka Eureka.

Hatta, Meutia. 2006. ”Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Rendah” Sambutan tertulis pada pengukuhan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan Perlindungan Anak.

Muslim. 2006. Reformasi Otonomi Pendidikan, RIAU POS, 28 Maret 2006.

Hamijoyo. Santoso S. 1990. ”Lima Jurus Strategi Dasar Pendidikan, dalam Era Globalisasi, dalam jurnal pendidikan”. Mimbar Pendidikan, No 4 tahun IX Desember 1990. Bandung : University Press IKIP Bandung.

Vinod, Thomas, dkk. 2001. the Quality of Growth: Kualitas Pertumbuhan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Pronk, J.P. 1993. Sedunia Perbedaan Sebuah Acuan Baru dalam kerjasama pembangunan Tahun 1990-an. Jakarta : yayasan Obor Indonesia..

Pasaribu I.L dan Simandjuntak B. 1986. Sosiologi Pembangunan. Bandung: Tarsito.

Brown Lester R, dkk. 1987. Dunia penuh Ancaman. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Lubis, Mochtar, 1993. ”Budaya Masyarakat dan Manusia Indonesia : Himpunan Catatan Kebudayaan Mochtar Lubis”. Majalah Horison, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i3.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License