Mendongkrak Daya Beli Masyarakat Melalui Transfer “Knowledge” Berbasis Teknologi (Sebuah Model Konseptual)

A Harits Nu'man

Abstract


Kebijakan Pembangunan Manusia saat ini hendaklah direlaisasikan dalam wujudnya pembangunan manusia dengan cakupan dimensi yang luas. Strategi yang diterapkan dalam pembangunan manusia harus terlihat pada anggaran pembangunan yang mampu menunjukan keberpihakan pada sektor-sektor khusus yang menyentuh pembangunan manusia. Akselerasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menggunakan indikator dampak sebagai komponen dasar perhitungannya, terdiri dari ; angka harapan hidup waktu lahir, pencapaian pendidikan yang diukur dengan angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah, serta pengeluaran konsumsi akan tercapai dengan baik apabila melibatkan semua stakeholder secara terintegrasi baik dari tripartit (pemerintah, industri dan pendidikan), maupun masyarakat itu sendiri.  Apabila dilihat dari akar masalah yang muncul dalam ketiga dimensi yang dijadikan sebagai indikator dalam perhitungan IPM, maka kemamuan daya beli masyarakat sangat menentukan besaran IPM, oleh karena itu Unisba sebagai salah satu institusi penyelenggara pendidikan memiliki peranan yang cukup besar untuk mendongrak daya beli masyarakat melalui transfer “knowledge” berbasis Teknologi.

Keywords


IPM; Daya Beli; Ilmu Pengetahuan; Teknologi; Pembangunan

References


Biro Analisis dan Pengembangan Statistik, BPS. 1998. “Penghitungan Indeks Pembangunan Manusia”. Makalah disampaikan pada Training of Trainers dalam rangka Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Staf BPS, Cisarua, 9-16 Pebruari 1998.

Economic and Social Commision for Asia and Fasific (ESCAP), 1989 “Technology Assesment”,Vol 1-6, APCTT, Bengalore.

Nu’man, A. Harits. 2004. “Kuliah Kewirausahaan”. Makalah disampaikan pada DP2M dalam Hibah Kompetisi Pengabdian Pada Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi.

Nu’man, A. Harits.. 2006. “Kuliah Kewirausahaan (Technopreneurship Road to Bussiness Networking Developer)”. Makalah disampaikan pada penataran dan lokakarya DP2M 25-27 Agustus 2006 di Hotel Panghegar Bandung, untuk Hibah Kompetisi Pengabdian Pada Masyarakat yang didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi.

Nu’man, A. Harits. 2006. “Peningkatan Mutu Pelayanan Unisba Berbasis Teknologi Menuju Global Network”. Makalah disampaikan pada sharing

pendapat dalam penyusunan Proposal Hibah Kompetisi Inherent Unisba.

Nu’man, A. Harits..2006. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Technopreneurship”. Makalah disampaikan pada sharing pendapat implementasi Program Hibah Kompetisi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pengenmbangan Laboratorium Teknopreneur Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Bandung.

Pal, Leslie A., 1997 Beyond Policy Analysis. Canada : ITP Nelson A Division of Thompson,.

Robert A. Burgelman, Modesto, A.M, Steven C. W. 2001. Strategic Management of Technology and Inovation. Third Edition, Mc Graw Hill, International.

Robert D. H, Michael P. Peters. 2002. Entrepreneurship. Fifth Edition, Mc Graw Hill, International.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i3.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License