Strategi Komunikasi Repositioning Perguruan Tinggi: Kasus PTN Setelah Menjadi BHMN

Anne Ratnasari

Abstract


Perguruan tinggi Negeri yang telah berubah menjadi Badan Hukum Milik Negara (PTN BHMN) memiliki hak dan tanggung jawab yang lebih besar. Berdasarkan asas kemandirian, antara lain mereka diberi kewajiban untuk dapat mengelola sumberdaya keuangannya secara lebih mandiri, dan atas dasar itu mereka juga diberi hak untuk menggali sumberdaya keuangan secara lebih leluasa dari masyarakat. Perubahan ini perlu dikomunikasikan kepada masyarakat dalam bentuk komunikasi repositioning agar masyarakat mengetahui, memahami, dan akhirnya tetap memberikan dukungan kepada PTN BHMN sebagaimana seharusnya. Perubahan yang mendasar ini memiliki potensi untuk disalahpahami jika tidak dikomunikasikan dengan baik. Di sini direkomendasikan agar dipertimbangkan untuk menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu dipadukan dengan penggunaan teori difusi informasi.
Dengan demikian diharapkan perubahan yang terjadi pada PTN BHMN dapat berjalan mulus sebagaimana diharapkan sehingga mereka betul-betul dapat berubah menjadi PTN yang lebih mandiri dan siap bersaing dalam menyambut globalisasi dalam bidang pendidikan.

Keywords


Perguruan Tinggi, Reposisi, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Kasali, Renald. 1998. Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting, PositionIng. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. The Millenium edition. New Jersey, Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip, dan Garry Amstrong. 1998. Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 2. Terj. Alexander Sindoro, Jakarta, Prenhallindo,.

Ries, Al., dan Jack Trout. 1992. Mengatur Posisi. Terj. Jaka Wasana. Jakarta, Erlangga.

Rogers, Everett M. dan F. Floid Shoemaker. 1971. Communication of Innovation. A Cross Cultural Approach. New York, The Free Press,

Trout, Jack. Dan Steve Rivkin. 1995. The New Positioning. Singapore, McGraw-Hill




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License