Dakwah Alternatif di Era Global : Suatu Pendekatan Perubahan Sosial

Alex Sobur

Abstract


Tema-tema dakwah selama ini umumnya muncul dengan pendekatan yang parsial, tidak menyeluruh, tidak sistemik, dan lebih bersifat seremo-nial. Dakwah yang hanya bergerak pada tataran ajaran ritual dan formal, dapat menimbulkan adanya pemahaman keagamaan yang tidak mampu membangun kaitan antar aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah. Sudah saatnya, persepsi masyarakat tentang dakwah harus berubah. Dakwah tidak lagi dipahami hanya sebagai kegiatan menyampaikan ajaran Islam secara lisan, tetapi juga da’wah bil-qalam, lukisan, bahkan dengan da’wah bil-hal. Dalam pemahaman yang mutakhir, dakwah dapat meliputi segala bentuk kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan kemasyarakatan dan pembangunan. Islam adalah agama dakwah, karena kebenaran yang terkandung dalam Islam, menurut kodratnya harus tersiar dan harus dapat dihadirkan secara bersahabat. Ini penting, sebab upaya penyebaran pesan-pesan keagamaan harus mampu menawarkan alternatif dalam membangun dinamika masa depan ummat, yaitu melalui cara dan strategi yang lentur, kreatif, dan bijak.  Dalam kondisi masyarakat yang sedang mengalami transisi global, maka dakwah Islam harus diarahkan kedua jurus lapisan masyarakat, yaitu  masyarakat bawah dan atas. Pendekatan dakwah ke lapisan bawah berupa da’wah bil-hal, dengan fokus pada pencegahan kecenderungan masyarakat ke arah kekufuran. Sedangkan dakwah ke lapisan atas dilakukan dengan mempelajari berbagai kecenderungan masyarakat yang tengah berubah ke arah modern-industrial, yang dikhawatirkan menjurus ke proses sekularisasi sebagai akibat dari proses keterasingan dan ketiadaan pegangan. Alternatif dakwah dapat ditempuh dengan pendekatan : ukhuwah, multidialog, dan alternatif media.

Keywords


Dakwah Alternatif; Ukhuwah; Multidialog; Media; Sosial

Full Text:

PDF

References


Ali, A. Mukti, Beberapa Persoalan Agama Dewasa ini, Rajawali Pers, Jakarta, 1987.

Alkotsar, Artidjo, Paradigma Hukum dalam Konteks Perubahan Sosial-Ekonomi, Jurnal Hukum, No. 7, Vol. 4, 1997, hlm. 45-56.

Anshary, Isa, Mujahid Da’wah, Cetakan Ketiga, CV Dipenogoro, Bandung, 1984.

Ardhana, Sutirman Eka, Jurnalistik Dakwah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1995.

Assegaff Djafar H, Islam dan Tantangan Abad Informasi, Media Sejahtera, Jakarta, 1993.

Budiman, Arief, Perjuangan Politik Ummat Islam : Aliran dan Program, dalam Afandi, Arief, (ed), Islam, Demokrasi Atas Bawah, Polemik Strategi Perjuangan Ummat Model Gus Dur dan Amien Rais, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1996, hlm. 40-45.

Depari, Eduard, Globalisasi, Keterbukaan dan Ketahanan Informasi, dalam Amal, Ichlasul dan Armaidy Armawi (ed), Keterbukaan Informasi dan Ketahanan Nasional, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1996, hlm. 73-84.

Effendi Djohan, Agama dalam Transformasi Masyarakat Informasi, dalam Denny J.A. (ed). Transformasi Masyarakat Indonesia, Kelompok Studi Proklamasi, Jakarta, 1986, hlm. 125-135.

Faridl, Miftah, Pengantar Dakwah Islam Pada Masyarakat Informasi, dalam Muhtadi, Asep S. dan Sri Handajani, (ed), Dakwah Kontemporer, Pola Alternatif Dakwah melalui Televisi, Pusdai, Perss, Bandung, 2000, hlm. vii-xiii.

Hall, Stuart, Globalization, dalam Hall, D. Held (eds). Modernity & Its Futures, 1992.

Hidayat, Komaruddin, Membangun Teologi Dialogis dan Inklusivistik, dalam Hidayat, Komaruddin dan Ahmad Gaus AF (ed), Passing Over : Melintas Batas Agama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999, hlm. 37-50.

Irawanto, Budi, Meniti Buih Perubahan : Menuju Etika Masyarakat Terbuka, Jurnal Ilmu dan Kebudayaan Unisia, No. 35/XX/III/1997, hlm. 73-81.

Luthfi, AM, Membangun Negara Sejahtera Penuh Ampunan Allah, dalam Rahardjo M. Dawam (ed), Model Pembangunan Qaryah Thayyibah : Suatu Pendekatan Pemerataan Pembangunan, Intermasa, Jakarta, 1997, hlm. 25-57.

Mahayana, Dimitri, Menjemput Masa Depan, Futuristik dan Rekayasa Masyarakat Menuju Era Global, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999.

Malik, Dedy Djamaluddin, Mencari Solusi Dakwah Efektif di Televisi, dalam Muhtadi, Asep S dan Sri Handajani, (ed), Dakwah Kontemporer : Pola Alternatif Dakwah melalui Televisi, Pusdai Perss, Bandung, 2000, hlm. 87-91.

Muhtadi, Asep S., Film Memperlicin Jalan Dakwah Islam, dalam Muhtadi, Asep S. dan Sri Hadajani (ed)., Dakwah Kontemporer : Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi, Pusdai Press, Bandung, 2000, hlm. 92-98.

Muhtadi, Asep S., Dakwah dalam Pluralisme Masyarakat Modern, dalam Muhtadi, Asep S. dan Sri Handajani (ed). Dakwah Kontemporer : Pola Alternatif Dakwah Kontemporer : Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi, Pusdai Press, Bandung, 2000, hlm. 33-35.

Muis A., Generasi Muda di Tengah Perubahan Sosial, dalam Bakhri, Mokh. Suaiful (ed). Titian Jalan Demokrasi : Peranan Kebebasan Pers untuk Budaya Komunikasi Politik, Penerbit Harian Kompas, Jakarta, 2000, hlm. 220-222.

Muis A., Dakwah dalam Masyarakat Modern, dalam Muhadi, Asep S. dan Sri Hadajani (ed). Dakwah Kontemporer : Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi, Pusdai Perss, Bnadung, 2000, hlm. 41-45.

Muis A.Jurnalistik, Hukum dan Komunikasi Massa : Menjangkau Era Cybercommunication Milenium Ketiga, PT. Dharu Anuttama, Jakarta, 1999.

Muis A. Dialog, Nasional, Bermafaatkah ?, Pikiran Rakyat, 5 Januari 1999.

Mustofa, Muhammad, Perubahan Sosial di Perkotaan dan Dampaknya Terhadap Pengendalian Sosial Anak, Jurnal Sosiologi Indonesia, No. 2/September/1997, hlm. 18-24.

Muttaqien, E.Z. Peranan Da’wah dalam Pembangunan Manusia, PT. Bina Ilmu Surabaya, 1992.

Naisbitt, John & Patricia Aburdene, Megatreds 2000, Avon Books, New York, 1991.

Nasikun, Globalisasi dan Problematika Pembangunan Hukum: Suatu Tinjauan Sosiologis, dalam Dimyati, K. dan Kelik Wardiono, (ed), Problema Globalisasi, Perspektif Sosiologi Hukum, Ekonomi dan Agama, Muhammadiyah University Perss, Surakarta, 2000, hlm. 31-34.

Noer, Deliar, Masa Depan Ummat Islam : Tantangan dan Saran Menghadapinya, dalam Rahardjo, Dawam M. (ed). Reformasi Politik : Dinamika Politik Nasional dalam Menghadapi Arus Politik Global, Intermasa, Jakarta1997, hlm. 215-237.

Ohmae, Kenichi, The Borderless Word (Terjemahan), Binarupa Aksara, Jakarta, 1991.

Piliang, Yasraf Amir, Sebuah Dunia Yang Dilipat : Realitas Kebudayaan Menjelang Milinium Ketiga dan Matinya Posmoderniseme, Mizan, Bandung, 1999.

Rahardjo, M. Dawam, Intelektual, Intelegensia, dan Perilaku Politik Bangsa : Risalah Cendekiawan Muslim, Mizan, Bandung, 1996.

Rahardjo, Satjipto, Pembangunan Hukum di Indonesia dalam Konteks Situasi Global”, Dalam Dimyati, Khudzalifah dan Kelik Wardiono (ed), Problema Globalisasi : Perspektif Sosiologi Hukum, Ekonomi, dan Agama, Muhammadiyah University Perss, Surakarta, 2000, hlm. 3-19.

Rakhmat, Jalaluddin, Islam, Aktual, Refleksi-Sosial Seorang Cendekiawan Muslim, Mizan, Bandung, 1991.

Rakhmat, Jalaluddin, Film Dakwah : Film Yang Mengubah Akhlak, dalam Rakhmat Miftah F. (ed)., Catatan Kang Jalal; Visi Media, Politik, dan Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1997, hlm. 20-25.

Robertson, Ronald, Globalization : Social Theory and Global Culture, Sage, London, 1992.

Romli H.M. Usep, Memperbaiki Praktik Dakwah, Pikiran Rakyat, 2, November 2000, hlm. 9.

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an : Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Cetakan XII, Mizan, Bandung, 1996.

Sobary, Mohammad, “Dialog Pertanda Kecerdasan”, Pikiran Rakyat, 5 Mei 1998.

Taher Tarmizi, Dakwah Pembangunan : Persiapan Ummat Menghadapi Abad 21, dalam Rahardjo M. Dawam (ed). Model Pembangunan Qaryah Thayyibah : Suatu Pendekatan Pemerataan Pembangunan, Intermasa, Jakarta, 1997, hlm. 3-21.

Tasmara, Toto, Komunikasi Dakwah, Gaya Media Pratama, Jakarta 1997.

Therik Gerson Tom, Arus Balik Globalisasi dalam Milenium Ketiga, dalam Sinaga, Martin L. (ed). Agama-Agama Memasuki Milinium Ketiga, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2000, hlm. 33-54.

Tirtosudiro Achmad, Sambutan, dalam Rahardjo, M. Dawam, (ed). Model, Pembangunan Qaryah Thayyibah : Suatu Pendekatan Pemerataan Pembangunan, Intermasa, Jakarta, 1997 : hlm. xvii-xxiv.

Toffler, Alvin, Gelombang Ketiga, Alihbahasa Sri Koesdiyatinah, PT. Panja Simpati, Jakarta, 1998.

William Federick, The Comunications Revolution, Sage, Beverly Hills, 1982.

Ya’qub, Hamzah, Publisistik Islam, Teknik Da’wah dan Leadership, CV Dipenogoro, Bandung, 1986.

Yusuf Yunan, Masalah Dakwah Agenda Dan Solusi, dalam Muhtadi, Asep S. dan Sri Hadajani (ed). Dakwah Kontemporer, Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi, Pusdai Perss, Bandung, 2000 hlm. 19-22




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i4.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License