PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN KEPEMILIKAN BANK TERHADAP NON PERFORMING LOAN DENGAN RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Azib Asro'i, Yandi Ferial

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, good corporate governance, dan kepemilikan bank terhadap non performing loan dengan return on asset sebagai variabel moderating pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2011-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan data purposive jugdement sampling menghasilkan sampel sebanyak 51 data dari 17 perusahaan yang terdaftar di BEI. Metode analisis statistik yang digunakan dengan analisis deskriptif, analisis linier berganda dan moderating regression analysis untuk menguji hipotesis.Hasil pengujian menunjukkan secara simultan proksi dari variabel CSR, GCG, dan kepemilikan bank berpengaruh sebesar 15% dan dengan ROA sebagai variabel moderating berpengaruh sebesar 37,2% terhadap NPL. Secara parsial proksi dari variabel CSR, GCG, dan kepemilikan bank tidak berpengaruh terhadap NPL, sedangkan ROA tidak memoderasi pengaruh proksi variabel CSR, GCG, dan kepemilikan bank terhadap NPL.


Full Text:

PDF

References


Dendawijaya, Lukman, dkk. 2001. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler, P. & Lee, N. 2005. Corporate Social Responsibility: Doing the most good for your company and your cause. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. USA.

Permatasari, Ika &RetnoNovitasary. Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Permodalan dan Kinerja Perbankan di Indonesia: Manajemen Risiko Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan Vol. 7 No 1. Februari 2014.

Pratiwi, Raisa. Pengaruh Tingkat Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Corporate Socal Responsibility dengan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Vol. 2 No. 1 September 2012.

Niawati, Priska. 2011. Analisis Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Kepemilikan, dan Ukuran (Size) Bank Terhadap Kinerja Bank. Tesis. Universitas Indonesia.

Surya, Indra & Yustiavanda, Ivan. 2008. Penerapan Corporate Governance: Mengesampingkan Hak-hak Istimewa Demi Kelangsungan Usaha. PT. Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i2.3030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039