PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI, EMPATI DAN PERILAKU BEKERJASAMA

Susilo Wibisono, Uly Gusniarti, Fany Eka Nurtjahjo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh dari pembelajaran kooperatif pada beberapa aspek psikologis, yaitu motivasi, empati, dan perilaku kerjasama. Partisipan dari penelitian ini adalah para mahasiswa yang mengambil kelas psikometri pada tahun ajaran 2015/2016. Desain yang dikembangkan untuk penelitian ini adalah within subject design, dimana partisipan di ukur sebanyak tiga kali; pengukuran awal, pengukuran pertengahan, dan pengukuran akhir. Analisis yang digunakan untuk menginterpretasikan data adalah pengukuran berulang ANAVA. Hasil dari analisis data tersebut menunjukan bahwa motivasi untuk belajar bisa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (F=38.438 dengan p=0.000). Lebih lanjut lagi, analisis terhadap variable empati dan perilaku kerjasama menunjukan hasil yang hampir sama (F=4.209 dengan p=0.019 untuk empati dan f=15.790 dengan p=0.000 untuk perilaku kerjasama). Berdasarkan hasil tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif adalah relevan dengan konteks mahasiswa

Kata Kunci


motivation to learn, empathy, teamwork behavior, cooperative learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adams, A.R. 2013. Cooperative Learning Effects on the Classroom. Michigan: Master of Arts in Education at Northern Michigan University (thesis submitted).

Ahmad, Z & Mahmood, N. 2010. Effects of Cooperative Learning vs Traditional Instruction on Prospective Teacher Learning Experience and Achievement, Journal of Faculty of Educational Sciences. Vol. 43, No. 1, page: 151-164.

Baron, R.A & Branscombe, N.R. (2012) Social Psychology: 13th edition. Pearson Education Inc.

Chiu, M. (1999). Teacher Efects on Student Motivation during Cooperative Learning: Avtivity Level, Intervention Level, and Case Study Analyses. Educational Research Journal, Vol. 14, No. 2.

Chuang, T.T & Nakatami, K. 2002. Improving the Learning Effectiveness of Management Information System Course with Cooperative Learning: Lesson of Empirical Study. Prosiding of IACPS 2012.

Duxbury, J.G & Tsai, L.L. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Foreign Language Anxiety: A Comparative Study of Taiwanese and American Universties. International Journal of Instruction, Vol. 3, No. 1.

Hamdani, V.T. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap Prestasi Belajar Hidrokarbon Siswa kelas X SMA Negeri Mataram tahun ajaran 2012/2013. Mataram: Jurusan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (skripsi).

Herrmann, K.J. 2013. The Impact of Cooperative Learning on Student Engagement: Result from an Intervention. Active learning in Higher Education, Vol. 14, No. 3, page: 175-187.

Johnson, D.W; Johnson, R.T & Stanne, M.B. 2000. Cooperative Learning Method: A Meta-Analysis. Minnesota: The University of Minnesota.

Jones, K.A & Jones, J.L. (2008). Making Cooperative Learning Work in the College Classroom: An Application of the “Five Pillars” of Cooperative Learning to Post-Secondary Instruction. The Journal of Effective Teaching, Vol. 8, No. 2, page: 61-67.

Lawrence, E.J., Shaw, P., Baker, D., Cohen, S.B., David, A.S. (2004). Measuring Empathy: Reliability and Validity of The Empathy Quotient. Psychological Medicine, 2004, 34, 911-924. DOI: 10.1017/S0033291703001624.

Lurie, S.J., Schultz, S.H., Lamanna, G. (2011). Assessing Teamwork: A Reliable Five Question Survey. Family Medicine. Vol. 43. No. 10.

Mcmaster, K.N & Fuchs, D. 2002. Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement of Students with Learning Disabilities: An Update of Tateyama-Sniezek’s Review. Learning Disabilities Research and Practice, Vol. 17, No. 2, page: 107-117.

Macpherson, A. 2007. Cooperative Learning: Group Activities for College Courses. Kwantien University College.

Nur Asma. 2006. ModeI PembeIajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas

Nurtjahjo, F.E & Wimbarti, S. 2010. Metode Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Accelerated Instruction) dalam Meningkatkan Keterikatan pada Mata Pelajaran Matematika (Mathematic Engagement) Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNiversitas Gadjah Mada (thesis).

Slavin, R.E. 1991. Student Team Learning: A Practical Guide to Cooperative Learning. Washington DC: National Education Association Professional Library.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, edisi Terjemahan. Bandung: Nusamedia.

Tuan, H.S., Chin, C.C., Shieh, S.H. (2005). The Development of Questionnaire to Measure Students Motivation towards Science Learning. International Journal of Science Education, Vol. 27, No. 6, page: 639-654.DOI 10.1080/0950069042000323737.

Widodo, S.A. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction pada siswa Kelas X SMK Tunas Harapan tahun Pelajaran 2008-2009. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011.

Zulaifah, E., Kurniawan, I.N., Nu’man, T.M. (2007). Relevance Competencies for Psychology Graduates. Proceeding Konferensi Internasional Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi tahun 2007 di Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.