CHARACTER STRENGTH PADA ATLET PENYANDANG TUNA DAKSA DI NPCI KOTA BANDUNG

Anandya Ikhwan Muttaqin, Endang Supraptiningsih

Sari


NPCI (National Paralympic Comitee Indonesia) Bandung adalah wadah keolahragaan Penyandang cacat indonesia dikota Bandung. Salah satu kegiatan olahraga yang dibina oleh NPCI Kota Bandung adalah kegiatan olahraga penyandang Tuna daksa. Terdapat 10 orang atlet yang sampai saat ini aktif berlatih dan mengikuti berbagai macam pertandingan di NPCI Kota Bandung. Dalam proses latihan dan pertandingan para atlet biasanya mendapatkan tuntutan-tuntutan serta resiko-resiko tertentu yang harus mereka hadapi. Walaupun demikian mereka tetap bertahan dan selalu berusaha untuk mengatasi kendala yang ada serta tetap berlatih dan bertanding semaksimal mungkin agar mampu memperoleh prestasi yang baik. Kondisi tersebut mengindikasikan adanya kekuatan karakter (Character Strength). Seligman (2004) menyatakan bahwa Character Strength merupakan karakter positif yang membawa perasaan positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan Profil Kekuatan Karakter (Character Strength) pada Atlet Penyandang Tuna daksa di NPCI Kota Bandung.Hasil Penelitian menunjukkan Atlet penyandang Tuna daksa di NPCI Kota Bandung memiliki lima Kekuatan Karakter (Character Strength). Kelima Kekuatan Karakter tersebut adalah Bravery, Spirituality, Persistence, Self Regulation,dan Gratitude.


Kata Kunci


Character Strenght, Atlet, Tuna Daksa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ancok, Djamaludin. (1992). Penyusunan Skala Pengukur. Yogyakarta : Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Arikunto, Suharsimi (2002), Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Compton, W. C. (2005). An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Wadsworth.

Park, N., Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Strengths of character and well-being. Journal of Social and Clinical Psychology, 23, 603–619.

-------. (2006). Character strengths in fifty-four nations and the fifty US states. Journal of Positive Psychology, 1, 118–129.

Peterson, C.& Seligman, M.E.P (2004). Character strengths and virtues; A handbook and classification. New York: Oxford University Press, Inc.

Sujana (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, Sumadi. (2002) Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

T. Sutjihati Somantri (2005), Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Sumber Internet :

www.authentichappiness.org, diakses pada tanggal 27 Oktober 2012

www.psikometrika.com, diakses pada tanggal 25 Oktober 2012

www.rumahbelajarpsikologi, diakses pada tanggal 6 November 2012


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.