KOMPETENSI GURU DI DALAM PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI PADA GURU SD NEGERI DI KOTA BANDUNG

Temi Damayanti, Stephani Raihana Hamdan, Andhita Nurul Khasanah

Abstract


Fenomena ditemukannya berbagai permasalahan terkait siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti sistem pembelajaran reguler di sekolah dasar negeri menuntut sekolah dasar menyelenggarakan pembelajaran inklusi yang menyatukan proses belajar mengajar antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus. Oleh karena itu guru di sekolah dituntut memiliki kompetensi dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian untuk mendapat gambaran empirik mengenai kompetensi guru dalam proses mengajar siswa berkebutuhan khusus. Kompetensi guru dibatasi dengan konsep kompetensi profesional guru yang diadaptasi dari konsep dari Mulyasa (2013) dan Garnida (2015) mengenai kompetensi guru profesional dalam pendidikan inklusif. Subjek penelitian adalah guru wali kelas dari kelas 1 hingga kelas 6 yang menangani siswa berkebutuhan khusus dari perwakilan 9 wilayah rayon yang menjadi representasi kota Bandung. Hasil penelitian kompetensi domain student, assessment, instruction, collaboration communication dan professional, mayoritas sedang, sedangkan untuk domain content mayoritas menunjukkan komptensi yang rendah. Domain yang mayoritas hasilnya tinggi yaitu domain learning environment.



Keywords


Kompetensi, Guru, Siswa Kebutuhan Khusus, Inklusi

References


Garnida, Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamdan, Stephani R. H. 2011. Identifikasi kesulitan belajar pada siswa SDN Griya Bumi Antapani 32. Laporan penelitian. Tidak diterbitkan.

Kemendiknas. 2012. Kebijakan Peningkatan Layanan Melalui Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Lemlech. Johanna Kasin. 1979. Classroom Management. New York : Harper & Row Publishers, Inc

Mash, E. J., & David, A. W. (2010). Abnormal child psychology (4th ed.). Australia: Wardworth Cengage Learning.

McMillan, John. 2006. Research in Education : Evidence-Based Inquiry. Boston : Pearson Education, Inc.

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2000. Educational psychology: developing learners. Upper Saddle River, N.J.: Merrill.

Polloway, Edward A, Patton, James R., Serna, Loretta. 2001. Strategies for Teaching Learners with Special Needs 7th Edition. Ohio : Merrill Prentice Hall.

Rosiana, D., Hamdan, S.R., Rozana, A. Dwarawati, D. 2014. Program Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kemampuan Siswa Berkebutuhan Khusus Bagi Guru SDN di Bandung. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung : LPPM Unisba.

Silalahi, Uber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama

Soetjipto. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta

Triwardhani, I.J., Gartanti, W. T., Djamhoer, T.D. 2013. Metode Pendampingan Komunikasi ABK di Sekolah Inklusif. Laporan Penelitian. Bandung : LPPM Unisba

Witte, Raymond H. 2012. Classroom Assessment For Teachers. United States : Mc Graw Hill.

Yanuvianti, M., Supraptiningsih, E., Susandari, Hamdan, S.R. 2015. Program Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Gangguan Atensi. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung : LPPM Unisba.

Sumber online :

Nazarudin. 2015. Uji Kompetensi Guru. Diakses pada (http://gtk.kemdikbud.go.id/post/uji-kompetensi-guru).

Nurmatari, Aviatia. 2015. Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah di Bandung Terima Siswa Berkebutuhan Khusus. Diakses pada (http://news.detik.com/berita-jawa-barat/3053463/ridwan-kamil-wajibkan-sekolah-di-bandung-terima-siswa-berkebutuhan-khusus)

Tanpa nama. 2015. Pembagian Wilayah Sekolah Dasar Kota Bandung 2015. Diakses pada (https://ppdbkotabandung.wordpress.com/arsip-ppdb/ppdb-2015/pembagian-wilayah/sd/)

Tanpa nama. 2015. Mengkaji Sepuluh Tahun Bantuan Operasional Sekolah. Diakses pada (http://www.worldbank.org/in/news/feature/2015/06/15/reviewing-ten-years-of-indonesia-school-grants-program)




DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-0731 | ISSN 2581-0723