PEMODELAN PANEL SPASIAL PADA DATA KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA

Yulial Hikmah

Abstract


Model panel spasial merupakan hasil pengembangan dari model data panel. Pengembangan ini berSdasarkan pada adanya pengaruh spasial atau lokasi pada data panel. Informasi spasial sangat penting karena dapat mengetahui hubungan suatu daerah dengan daerah lainnya yang saling berdekatan. Data yang mengandung unsur spasial tidak akan akurat jika hanya menggunakan analisis regresi sederhana karena akan terjadi kesalahan asumsi. Sementara jika hanya menggunakan regresi panel saja tanpa memasukkan spasial akan menghasilkan galat yang heterogen yang diakibatkan keterkaitan antar wilayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persentase penduduk miskin di Provinsi Papua berdasarkan model panel spasial terbaik diantara model panel SAR, SEM, dan GSM.


Keywords


Data Panel, Model Panel Spasial, Persentase Kemiskinan, Model Panel SAR, SEM, dan GSM.

References


Anggraeni, Yulia. 2012. Analisis Spasial Data Panel untuk Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan. [Skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Anselin L. 2009. Spatial Regression. Fotheringham AS, PA Rogerson, editor, Handbook of Spatial Analysis. London: Sage Publications.

Baltagi, B.H. 2005. Econometrics Analysis of Panel Data Third Edition. John Wiley & Sons. Chicester, England.

Bara,W. 2016. Pemodelan Data Panel Spasial dengan Komponen Satu Arah (Studi Kasus Anggaran Sektor Pertanian Jawa Tengah). [Tesis]. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

BPS. Kemiskinan. [Internet]. [diunduh 16 Januari 2017]. Jakarta(ID): BPS. hlm berita resmi statistik. Tersedia pada: https://jateng.bps.go.id/Subjek/view/id/23#subjekViewTab1 |accordion-daftar-subjek1

Dubin R. 2009. Spatial Weights. Fotheringham AS, PA Rogerson, editor, Handbook of Spatial Analysis. London : Sage Publications.

Elhorst JP. 2010. Spatial Panel Data Models. Fischer MM, A Getis, editor, Handbook of Applied Spatial Analysis. New York : Springer.

Halim, S., dkk. 2008. Penentuan Harga Jual Hunian pada Apartemen di Surabaya dengan Menggunakan Metode Regresi Spasial. Jurnal Teknik Industri 10(2): hal 151-157.

Lee J, Wong DWS. 2001. Statistical Analysis ArchView GIS. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Meilliana, A. dkk. 2013. Analisis Statistika Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Panel. Jurnal Sains dan Seni POMITS vol. 2 No.2 hal d237-d242.

Pangestika, S. 2015. Analisis Estimasi Model Regresi Data panel dengan Pendekatan Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM) dan




DOI: https://doi.org/10.29313/jstat.v17i1.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice

Creative Commons License
STATISTIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License