Formulasi Kajian Psikologis Tentang Teori-Teori Belajar dalam Al-Quran dan Hadits

Ranu Nada Irfani

Abstract


Posisi Islam sebagai sebuah sistem kehidupan sangat diperlukan untuk mengembangkan gagasan baru yang lebih menghargai keberadaan manusia. Sehingga sudah menjadi kewajiban muslim untuk menggali dan mengkaji teori-teori modern yang sebenarnya telah ada dalam al-Quran dan Hadits, atau paling tidak menemukan padanannya. Sehingga dapat disandingkan antara konsep-konsep barat dan konsep-konsep yang berbasis al-Quran dan Hadits. Artikel ini akan mencoba memformulasi pengertian belajar dalam perspektif Islam, mengkaji teori-teori belajar dalam perspektif psikologi dan Islam, serta mencari padanan teori-teori belajar tersebut di dalam al-Quran dan Hadits. Jika aktivitas belajar identik dengan proses pencarian ilmu, maka di dalam al-Quran  setidaknya terdapat tiga kata yang memiliki arti yang identik dengan belajar maupun pengajaran yaitu tafaqquh fiddin, tarbiyah, dan al-‘ilm. Selain itu, di dalam al-Quran ataupun hadits juga terdapat ayat-ayat atau sabda Nabi yang jika dikaji secara lebih mendalam ternyata identik dengan teori-teori belajar yang telah dikenal seperti behavioristik, kognitif, dan humanistik.


Keywords


Formulasi, Teori Belajar, Al-Quran, Hadits.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Directory of Open Access Journals

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License