The Implementation of Assessment Instant Strategy in Increasing of Akidah Akhlak Learning Outcomes on Class VII-B at Material of Blessed Behavior in MTs-Islamic Boarding School Al-Kahfi Subdistrict Bangun Purba Regency Rokan Hulu-Riau

Bashori Bashori

Abstract


Abstract 

The purpose of this study is to find out the implementation of strategies Assessment Instant in learning Akidah Akhlak of seventh-grade students in MTs of Islamic boarding school Al-Kahf Bangun Purba district Rokan Hulu. From the results of data analysis can be concluded that the survey results in Akidah Akhlas for class VII B on the subject of proper manner to fellow MTs PP. Al-Kahfi Bangun Purba of Rokan Hulu can be enhanced through the implementation of strategies Instant Assessment, in which the common learning outcomes of students of class VII B has increased from 70.83 in the prior action into 77.75 in the first cycle, and finally, reaches 82.75 in the second reporting period. From the test results obtained by the price to the hypothesis of 28.30 was greater than table good at the significance level of 5% (2.07) and 1% (2.81). Thus the alternative hypothesis (Ha) is acceptable. 

Keywords: Strategy, Instant Assesment, and Learning Result.

  

Abstrak 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Instanst Assesment dalam pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII B di MTs Pon-Pes Al-Kahfi Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII B pada materi akhlak terpuji di MTs PP. Al-Kahfi Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi Instant Assesment, dimana rata-rata hasil belajar siswa kelas VII B mengalami peningkatan dari 70,83 pada sebelum tindakan menjadi 77,75 pada siklus I, dan akhirnya mencapai 82,75 pada siklus II. Dari hasil uji hipotesis diperoleh harga to sebesar 28,30 ternyata lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% (2,07) maupun 1% (2,81). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. 

Kata Kunci: Strategi, Instant Assesment, dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi Revisi V.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati., Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, SB., Aswan, Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P., M. Sobry Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hamruni. (2011). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hartono. (2008). Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Akidah Akhlak Untuk Siswa Kelas VII MTs. Jakarta: Direktorat Pendidikan Pendidikan Madrasah dan Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Margono, S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk MTs

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 19 ayat 1

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

_________. (2010). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

__________. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sunartana. (1997). Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. XIV.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Bab II Pasal 3 Tahun 2003

Usman, B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press

Zaini, H. et al. (2008). Hizam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats