PEMENUHAN HAK PASIEN ATAS INFORMASI PENYAKIT & TINDAKAN MEDIS DALAM UPAYA MENGURANGI RISIKO TUNTUTAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TMC TASIKMALAYA

mohamad ihsan ramdani

Abstract


Pasien mempunyai hak untuk mendapatkan informasi mengenai penyakit dan tindakan medis dari tenaga kesehatan di rumah sakit. Pemberian informasi ini merupakan upaya mengurangi risiko tuntutan pasien terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak pasien atas informasi penyakit dan tindakan medis di RS TMC Tasikmalaya berdasarkan Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, mengetahui upaya Rumah Sakit dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaannya dan memahami pertanggungjawaban rumah sakit yang tenaga kesehatannya tidak memberikan informasi penyakit dan tindakan medis. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pemenuhan hak pasien atas informasi penyakit dan tindakan medis di Rumah Sakit TMC Tasikmalaya secara umum sudah sesuai dengan Undang-Undang  Rumah Sakit di Indonesia walaupun terdapat beberapa masalah yang masih berpotensi menimbulkan tuntutan pasien. Rumah Sakit telah berupaya mengatasi masalah-masalah yang timbul dengan mengeluarkan beberapa kebijakan dan melakukan supervisi pelaksanaan di rumah sakit. Rumah Sakit bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat  kelalaian tenaga kesehatan di rumah sakit yaitu dengan adanya doktrin respondeat superior, doktrin rumah sakit bertanggung jawab terhadap kualitas perawatan (duty of care) dan doktrin vicarious liability, hospital liability dan corporate liability. Doktrin ini diimplementasikan pada ketentuan Pasal 46 Undang-Undang Rumah Sakit di Indonesia yang menentukan bahwa rumah sakit bertanggung jawab secara hukum terhadap semua kerugian yang ditimbulkan atas kelalaian tenaga kesehatan di rumah sakit.


Keywords


Hak Pasien, Informasi, Tanggung Jawab Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Sumber Buku

Chrisdiono, Pernik-Pernik Hukum Kedokteran, Melindungi Pasien dan Dokter, CV Widya Medika, Jakarta,2005.

Danny Wiradharma, Penuntun Kuliah Hukum Kedokteran,CV Sagung Seto, Jakarta,2010.

J.Guwandi. Informed Consent and Informed Refusal. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2006, Hlm. 70.

Soerjono Soekanto dan Sri Mammudji, Penelitian Hukum Normatif, Pengantar Singkat, Rajawali Press, Jakarta, 1990.

Syahrul Machmud, Penegakan Hukum dan Perlindungan Bagi Dokter yang diduga Melakukan Medikal Malpraktek, CV. Mandar Maju, Bandung, 2012

Jurnal

Setya Wahyudi, Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Ketugian Akibat Tenaga Kesehatan dan Implikasinya, Jurnal Dinamika Hukum, Volume 11 No. 3 September 2011

Sumber Internet

http://pantiwilasa.com/majalahkasih/detailpost/hak-dan-kewajiban-pasien-dan-keluarga-di-rumah-sakit diakses pada tanggal 5 Desember 2017 pukul 19.58 WIB

Peraturan Perundang- Undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana(KUHP)

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata)

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit




DOI: https://doi.org/10.29313/aktualita.v2i2.4991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Akualita : Jurnal  Hukum diindeks oleh: