PENGARUH EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOBIL JENIS LOW COST GREEN CAR (LCGC) DI KOTA TASIKMALAYA

Andina Eka Mandasari, Mohammad Soleh Soe’aidy, Adhitya Rahmat Taufiq

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi ekuitas merek berbasis pelanggan (brand salience, brand performance, brand imagery, brand judgments, brand feelings, dan brand resonance) terhadap kepuasan konsumen mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dan empiris. Penelitian deskriptif dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang CBBE dan kepuasan konsumen. Sedangkan penelitian empiris dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel melalui perhitungan-perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 150 orang responden yang merupakan pengguna mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) dengan menggunakan teknik judgement sampling atau purposive sampling. Serta alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur dimana enam dimensi CBBE menjadi variabel eksogen dalam penelitian ini yang terdiri dari  brand salience, brand performance, brand imagery, brand judgments, brand feelings, dan brand resonance, serta satu variabel endogen yaitu kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis jalur, hanya 3 variabel ekuitas merek berbasis pelanggan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Tasikmalaya, yaitu brand performance, brand imagery, dan brand feelings dimana variabel brand feelings yang paling berpengaruh.

Keywords


Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan; Kepuasan Konsumen; Low Cost Green Car

References


Aluregowda, 2011, “Impact of Brand Equity and Brand Loyalty on Customer Satisfaction”, Journal of Research Commerce and Management, Vol. 02 No. 11.

Ekinci. Y., Dawes. P.L., and Massey, G.R., 2008, “An Extended Model of The Antecedents and Consequences of Customer Satisfaction for Hospitality Services”, European Journal of Marketing, Vol. 42 No. 1.

Nysveen, H., Per E. Pedersen, H Thorbjørnsen, and Pierre Berthon., 2005, “Mobilizing the Brand: The Effects of Mobile Services on Brand Relationships and Main Channel Use”, Journal of Service Research, Vol. 7 No. 3, 257–76.

Srisusilawati,P (2017). KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PERBANKAN. AMWALUNA, 1(1), 1-18.

Wang, W.T., & Li, H. M., 2012, “Factors influencing mobile services adoption: a brand-equity perspective”. Internet Research, Vol. 22 No. 2, 142–179.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i2.2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Ranggagading No. 8 Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats