PENGARUH CAR,NPF DAN FDR TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA

Medina Almunawwaroh, Rina Marliana

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas (ROA). Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CAR dan NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas (ROA) sedangkan FDR menunjukkan pengaruh yang positif signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap profitabilitas (ROA) dalam penelitian ini sebesar 80,9%, sedangkan sisanya 19,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.


Keywords


CAR, NPF, FDR, ROA

References


Anggreni, Made Ria, dan Suardhika, I Made Sadha. 2014. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Kecukupan Modal, Risiko Kredit dan Suku Bunga Kredit pada Profitabilitas. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Armareo, C. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Masa Kini 06 (01).

Bank Indonesia. Laporan Keuangan Tahun 2009-2016. http://www.bi.go.id.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis dengan Program SPSS. Semarang: Undip.

Haryanto, Sugeng. 2016. Profitability Identification of National Banking Through Credit, Capital Structure, Efficiency and Risk Level. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 7 (1)

Havidz, Shinta Amalina Hazrati dan Setiawan, Chandra. 2015. The Determinants Of Roa (Return On Assets) Of Full-Fledged Islamic Banks In Indonesia. Jurnal MIX, Volume V, No. 1

Kasmir. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kharisma dan Pratomo. 2012. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah. Bandung: Universitas Telkom.

Muhammad. 2014. Manajemen keuangan syariah: analisis fiqh dan keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nugraheni, Peni dan Alam, Whinda Febrianti Iskandar. 2014. Pengaruh Risiko Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perbankan Syariah dan Konvensional Di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol 15 NO. 1.

Nugroho, Elfianto. 2011. Analisis Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Pada BEI Pada Tahun 2005-2009). Semarang: Undip.

Otoritas Jasa Keuangan. Laporan Keuangan Tahun 2009-2016. http://www.ojk.go.id.

Peraturan Bank Indonesia No. 10/15/PBI/2008 Pasal 2 ayat 1.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang terdapat pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 21/POJK.03/2014 mengenai Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bank Umum Syariah. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan

Priantana, Riha Dedi dan Zulfia. 2011. Pengaruh Rasio Kecukupan Modal, Non Performing Loan, dan Tingkat Likuiditas terhadap Profitabilitas Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 1 (1).

Sari, Yulimel. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Kecukupan Modal dan Likuiditas Terhadap Harga Saham (Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi. Vol. 1(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Tamansari No. 24-26 Kota Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats