PERSEPSI DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP RENCANA DIKEMBANGKANNYA WISATA SYARIAH (HALAL TOURISM) DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Lalu Adi Permadi, Sri Darwini, Weni Retnowati, Iwan Kusuma Negara, Emilia Septiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Rencana Dikembangkannya Wisata Syariah (Halal Tourism) Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode pembuktian terhadap tujuan penelitian tersebut menggunakan metode penelitian diskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat Nusa Tenggara Barat memiliki persepsi yang BAIK terhadap rencana penerapan wisata halal di daerah ini, sikap yang POSITIF terhadap rencana penerapan wisata halal di daerah ini dan dari diagram Kartesius diketahui bahwa hasil rencana penerapan wisata halal dipersepsikan dan disikapi sangat tinggi oleh Masyarakat NTB. Saran untuk pengambil keputusan dalam hal ini Pemerintah NTB harus membuat kebijakan yang mempertahankan persepsi dan sikap itu tetap BAIK dan POSITIF. Dengan membuat kebijakan yang konkrit terkait dengan implementasi pariwisata halal, sehingga tidak sekedar pada tataran hukum atau peraturan daerah. Selain itu sosialisasi perlu dipercepat sehingga masyarakat paham bagaimana wisata halal tersebut akan diterapkan.

Kata kunci : 


Keywords


wisata, syariah, persepsi, sikap, masyarakat

References


Anonim, (2015) www.disbudpar.ntbprov.go.id, 2015

Anonim, (2015) Laporan Akhir Kajian pengembangan wisata Syariah

______, (2015) http://gayahidup.republika.co.id/ 29 Maret 2016

Arnould, E. J. (2006) Consumer culture theory: retrospect and prospect, . European Advances in Consumer Research 7 (1): 605–607. http://www.acrwebsite.org/volumes/eacr/vol7/EuropeanVolume7_105.pdf, diunduh 14 Agustus 2010.

Arnould, E. J.; and Thompson, C. J. (2005), Consumer culture theory (CCT): Twenty Years of Research, Journal of Consumer Research 31 (4): 868–882.http://econpapers.repec.org/article/ucpjconrs/v_3a31_3ay_ 3a2005_3ai_3a4_3ap_3a868-882.htm.

Johnson, E. M., (2002) Fundamentals of Marketing, Fourth Edition, American Management Association www.flexstudy.com/demo /.../99037_toc.pdf. diunduh tanggal 19 Maret 2012

Kementerian Pariwisata RI, (2015) Laporan Akhir Kajian pengembangan wisata Syariah

Kotler, P. dan Armstrong, G., (2008), Principles of Marketing, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler, P. (2003), Marketing Management, 11th ed, New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2001). Principle of marketing, 7th ed. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P. (2000), Marketing Management, Millennium ed. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Rusdan dkk (2014), Persepsi dan Sikap Masyarakat Lingkar Gunung Rinjani Terhadap Industri Pariwisata (Suatu Upaya Menyongsong Rinjani sebagai Geopark Dunia), Laporan Penelitian, Magister Manajemen, Univ. Mataram

Schiffman, Leon. dan Kanuk, Leslie Lazar. (2008) Perilaku Konsumen (edisi ketujuh). PT. Indeks, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Tamansari No. 24-26 Kota Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats