pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dalam perspektif islam

Budi Cahyadi

Abstract


Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan  yang islami mempengaruhi lingkungan kerja dan kinerja karyawan untuk  melakukan suatu pekerjaan sebagai sarana ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan secara islami. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh karyawan PT Asyki Kota Bogor. Sampel penelitian berjumlah 30 karyawan, dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan yang diberikan lingkungan kerja yang nyaman dan islami maka produktivitas kinerja karyawan tersebut semakin produktif.

 

Kata kunci:  kepemimpinan, lingkungan kerja, kinerja karyawan


Keywords


kepemimpinan, lingkungan kerja, kinerja karyawan

References


Adair, J. (2008). Kepemimpinan yang memotivasi. Gramedia Pustaka utama.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2009). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan kewirausahaan 10.2, 124-135.

Budiman, F. A. (2009). Pengaruh Kepemimpinan dan Etos Kerja Islami terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah Baitul Maal Wat Tamwil di Kecamatan Rembang. Analisis Manajemen 4.1, 11-28.

Desky, h. (2014). Pengaruh Etos Kerja Islami dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan Ayam Lepaas Lhokseumawe. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 8.2, 459-478.

Fauzi, A. (2015). Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual: Suatu Telaah Diskursif. EMPIRISMA 24.2.

Kisworo, B. (2012). Hubungan Antara Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sanggar Kegiatan Belajar Eks Karasidenan Semarang Jawa Tengah. Diss. Tesis. UNY.

Kusumawati, D. A. (2015). Peningkatan Perilaku Kerja Islami Dengan Budaya Organisasi Islami Sebagai Variabel Moderasi. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM). Vol. 2. No. 1.

Mariam, R. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening studi pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Diss. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Nasution, R. H. (2008). Analisis Hubungan antara Lingkungan dengan Kepuasan Kerja Dosen Tetap FE Universitas Tarumanegara Jakarta”. Jurnal Manajemen 1, 59--69.

Riyadi, A. A., & Rokhim, A. A. (2017). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. TIGA SERANGKAI KANTOR CABANG BANDUNG. AMWALUNA: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 1.2, 246-262.

Tanjung , H., & Devi, A. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bekasi: Gramata Publishing.

Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islami. Gema Insani.

Thoyib, A. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal manajemen dan kewirausahaan 7.1, 60-73.

Thoyib, A. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal manajemen dan kewirausahaan 7.1, 60-73.

Wijayanti, R., & Meftahudin . (2016). Pengaruh Kepemimpinan islami, Motivasi dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 3.3 ., 189-192.

Zuhdi, M. H. (2014). Konsep Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 19.1, 35-57.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Ranggagading No. 8 Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats