PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA TENAGA KERJA TERHADAP PROFITABILITAS DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI

Ira Siti Rohmah Maulida

Abstract


 

The framework of thinking in this study is that every company in running its business must have the ability to bring profit (profitability) optimally. By maximizing profits in accordance with targets set by management, companies can do much for the welfare of owners, employees, and improve product quality and make new investments, one that affects profitability is the cost of promotion and labor costs.

Data collection method is done by analyzing financial statements related to profitability, promotion cost and labor cost period 2011 to 2015. Data analysis model used is multiple linear regression analysis. Hypothesis testing simultaneously or partially done by using software eviews 7. The results showed that the influence of promotion costs and labor costs simultaneously to the level of profitability, it is known that Then R-Square value of 0.677358 indicates that the proportion of influence of Promotion Cost (X1) and Labor Cost (X2) to Profitability (ROA) of Bank Syariah Mandiri of 67.73%, while the rest of 32.27% influenced other factors not examined in this discussion.

 

Key word: Campaign Costs, Labor Costs, Profitability

 

Abstrak

Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya haruslah punya kemampuan untuk mendatangkan keuntungan (profitabilitas)  secara optimal. Dengan memperoleh laba yang maksimal sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh manajemen, perusahaan dapat berbuat banyak bagi kesejahteraan pemilik, karyawan, serta meningkatkan mutu produk dan melakukan investasi baru, salah satu yang berpengaruh terhadap profitabilitas adalah biaya promosi serta biaya tenaga kerja.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan menganalisi laporan keuangan terkait dengan profitabilitas, biaya promosi serta biaya tenaga kerja periode 2011 sampai 2015. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware  eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh biaya promosi serta biaya tenaga kerja secara simultan terhadap tingkat profitabilitas, diketahui bahwa Kemudian Nilai R-Square sebesar 0.677358 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel Biaya Promosi (X1) dan Biaya Tenaga Kerja (X2) terhadap Profitabilitas (ROA) Bank Syariah Mandiri sebesar 67,73%, sedangkan sisanya sebesar 32,27% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam pembahasan ini.

 


Keywords


Campaign Costs, Labor Costs, Profitability

References


Anis Chairi dan Imam Ghozali, Teori Akuntansi. Semarang : Fakultas Ekonomi: Universitas Diponegoro, 2007.

Bank Indonesia. Statistik Perbankan Syariah 2015 Aktifa Produktif Perbankan Syariah Indonesia.http:// www. bi.go.id. /Default.aspx 11 maret 2015 jam. 14:24

Bambang Agus Pramuka. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah, Purwokerto: Jurnal akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP), 2010.

Burhan, M. Bungin. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Perdana Media,2005.

Darmawi, Herman. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara,2012.

Dhian Dayinta Pratiwi. Pengaruh CAR, BOPO, NPF dan FDR Terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2005 –2010). Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2012.

Djati Julitriasa, John Suprihanto, Manajemen Umum Sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE, 1998.

Eko, Agus Sujianto. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16,0. Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya,2009.

Fifit Syaiful Putri. Pengaruh Risiko Kredit dan Tingkat Kecukupan Modal Terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Padang :Jurnal Tesis Publikasi, 2013.

Gujarati, D.Alih bahasa Sumarno Zain. Ekometri Dasar. Jakarta:Erlangga,2003.

Irianto, Agus. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Prenada Media Group, 2007.

Karim, Adiwarman. Bank Islam. Analisis fiqih dan keuangan. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Kasmir dan Jakfar. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Prenada Media Group, 2006.

Lukman Chakim Nugroho. Analisis Pengaruh CAR, NPL, NIM, BOPO dan LDR Terhadap Tingkat Profitabilitas Perbankan(Studi Kasus pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa di Indonesia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 - 2011),Semarang: FEB, 2012.

Lyla Rahma Adyani. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas (ROA) (Pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di BEI periode Desember 2005-September 2010). Semarang : Jurnal Tesis Publikasi Fakultas Ekonomi, 2011.

Martono dan Harjito, D. Agus. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Ekonisia,2005.

Muslimin Kara. Bank Syariah di Indonesia,Yogyakarta,2005.

Muhammad. Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Ekonisia,2004.

Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press, 2001, Cet. 1, h. 160

Nasrudin, Pembiayaan Efektif Untuk Meningkatkan Likuiditas dan Profitabilitas Bank, Artikel diakses pada 15 Desember 2015 dari Http://www.wikipedia.com/2015.

P. Tampubolon, Manahan. Manajemen Keuangan (Finance Management). Bogor : Ghalia Indonesia,2005.

Pengelolaan Pembiayaan Perbankan Syariah Perlu Ditingkatkan, Artikel diakses pada 15 April 2008 dari Http://www.wikipedia.com/2008

Rivai, Veithzal dan Arifin, Arviyan. Islamic Banking Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara,2010.

Setiawan, Adi. Analisis Pengaruh Faktor Makro Ekonomi, Pangsa Pasar dan Karakteristik Bank terhadap Profitabilitas Bank Syariah (studi pada Bank Syariah periode 2005-2008),Semarang : Jurnal Tesis Publikasi, 2009.

Anis Chairi dan Imam Ghozali, Teori Akuntansi. Fakultas Ekonomi: Universitas Diponegoro, Semarang, 2007.

Eddy Soeryanto Soegoto, Enterpreneurship Menjadi Pebisnis Ulung, Edisi Revisian, Cetakan Kedua, Jakarta : PT. Alex Media Komputindo, 2010.

Fandy Tjipto, Strategy Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta : Penerbit Andi-Offset, 1997.

Harnanto dan Zulkifli, Manajemen Biaya, (UUP) AMP YPKN, Yogyakarta, 2003.

Islahuzzaman, Istilah-Istilah Akuntansi dan Auditing. Jakarta:Bumi Aksara, 2012.

Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan peningkatan Produktifitas Pegawai Jakarta: Grasindo, 2002.

Mochammad Nazri, Metode Penelitian, Cetakan Keempat, Jakarta : Sinar Harapan,1999.

Saldin Djaslim, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian), Edisi Ketiga, Bandung : CV. Linda Karya, 2004.

Sistaningrum Widyaningtyas, Manajemen Penjualan Produk, Yogyakarta : PT. Tristo, 2002.

Sofyan Harahap, Sistem Pengwasan Manajemen, Jakarta:Quantum, 2004.

Soemarsi SR, Akuntansi Suatu Pengantar, Jakarta: Salemba, 2004.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suryana, Kewirausahaan, Jakarta : Salemba Empta, 2003.

Alex S. Nitisemito. Cara Penentuan Gaji dan Upah dalam Perusahaan. Jakarta : Ghalia Indonesia, 2002.

Harsono. Managemen Pabrik. Malang : Balai Aksara. Universitas Brawijaya. 1984.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 1984. Prinsip Akuntansi Indonesia. Jakarta.

Mas'ud. Teori dan Soal Jawab Akuntansi Biaya. BPFE, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta, 1995.

Mulyadi. Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok Pengendalian Biava. Yogyakarta : BPFE, UGM, 2002.

Soemito Adikoesoemah. Cost Accounting (Kalkulasi Harga Pokok). Edisi 1. Bandung, 1982.

Supriyono. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Harga Pokok. Yogyakarta : BPFE, UGM, 2002.

Manullang. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Liberty. Yogyakarta, 1986.

Moekijat. Administrasi Kantor. Bandung : Alumni, 2008.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Ranggagading No. 8 Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats