PERLINDUNGAN HUKUM TERTANGGUNG DALAM PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JIWA

Dudi Badruzaman

Abstract


Penelitian ini di fokuskan pada perlidungan hukum tertanggung dalam pembayaran klaim asuransi jiwa, Penelitian ini bertujuanuntuk meneliti: 1) Bentuk perlindungan hukum tertanggung dalam pembayaran klaim asuransi jiwa. 2) Tanggung jawab perusahaan asuransi dalam pembayaran klaim asuransi jiwa. 3) bentuk penyelesaian sengketa dan perbedaan unsur premi asuransi syari’ah dengan dan konvensional.  Hasil dari penilitian tersebut adalah: 1) Bentuk perlindungan hukum tertanggung dalam pembayaran klaim asuransi jiwa, apabila pihak penanggung wanprestasi berupa tidak melaksanakan prestasi sesuai dengan yang diperjanjikan dalam polis asuransi. 2) Tanggung jawab perusahaan asuransi dalam pembayaran klaim asuransi jiwa sudah diatur dalam beberapa ketentuan hukum baik dalam UU Perlindungan Konsumen, Kitab Hukum Perdata, Hukum Dagang, dan dalam UU Tentang Usaha Perasuransian. 3), bentuk penyelesaian sengketa antara tertanggung dengan penanggung dalam pembayaran klaim asuransi jiwa pada umumnya diselesaikan melalui lembaga arbitrase sesuai dengan klausula dalam polis, akan tetapi apabila dalam polis tersebut tidak ditentukan lembaga mana yang menyelesaikan sengketa maka dapat mengajukan upaya hukum di PA maupun lembaga penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

 


Keywords


Hukum, Tertanggung, Asuransi jiwa, Pembayaran Klaim

References


Adam, Fia Fridayanti, 2013, “Analisa Perhitungan Cadangan Premi Modifikasi”, Seminar Nasional Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vikasi Universitas Indonesia, Jakarta.

B, Erlina, 2015, “Klaim Ganti Rugi dalam Perjanjian Asuransi Kendaraan Bermotor”, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung Vol. 5 No.2

Devi, Komang Ayu, dkk 2016, “Upaya Hukum Terhadap Penolakan Klaim Asuransi Jiwa oleh PT. Prudential Life Assurance”, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali.

Fadlullah, Arief. 2014. Pengaruh Pendapatan Premi dan Hasil Investasi Teradap Cadangan Dana Tabarru’ Pada Asuransi Sinarmas Syariah (Studi Pada Sinar mas Syariah). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Faldio, Frocky, 2012, “Tinjauan Yuridis terhadap Kedudukan Pemegang Polis sebagai Anggota Pertanggungan pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Pontianak”, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Vol.2 No. 2

Ganie, Junaedy, 2017, Hukum Asuransi Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Ikhsan, Muhammad. 2015. Pengaruh Premi dan Klaim Terhadap Pertumbuhan Aset Pada Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2013-2014. Skripsi Universitas Islam Bandung.

Suleman, Nency Olivia. 2015. Pengaruh Premi Klaim dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Aset pada PT Asuransi Allianz Life Indonesia Periode 2007-2013. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.

Udayani, Dewi. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set Pada Struktur Modal. Jurnal Akuntansi Vol. 4 No. 2:299-314.

Umam, Khotibul, 2014, Memahami dan Memilih Produk Asuransi, Pustaka Yustisia, Yogyakarta.

Wijaya, Rosiana Puspaningrum. 2013. Pengaruh Pendapatan Premi, Hasil Investasi dan Klaim Terhadap Laba (Studi Kasus pada Asuransi Jiwa yang Memiliki Unit Syariah). Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Wirdyaningsih. 2015. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Jakarta : Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4217

Refbacks



Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Ranggagading No. 8 Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats