Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor)

Nuryadi Akbar

Abstract


Abstrak

 

Tinjauan terhadap strategi pemasaran pada tabungan haji dalam akad mudharabah studi kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor. Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam hal ini adalah terkait dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri dan penerapan analisis swot pada strategi pemasaran pada produc tabungan haji mabrur.

Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui strategi pemasaran dan penerapan analisis swot pada produk tabungan haji mabrur di Bank Syariah mandiri KCP Sudirman, Bogor. adapun data skunder yang bersumber dari naskah, catatan, dokumen dan sebagainya, yang ada hubungannya dengan permasalahan yang menjadi obyek penelitian.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan berupa data deskriptif. Proses yang ditempuh menggunakan metode wawancara, dengan staf marketing dari Bank SyariahMandiri KCP Sudirman, Bogor. Analisa data yang digunakan yaitu Reduksi data, yang merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, pengabstraksian dan pentransformasian data kasar dari lapangan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor mengguanakan target pasar yang dituju yaitu segmentation khusus secara segi daerah atau wilayah, segi usia, dan segi status nasabah. Selain itu Bank Syariah Mandiri menggunakan bauran pemasaran (Marketing mix) yang mengandung unsur 4P, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi saluran distribusi, dan strategi promosi. Dalam strategi promosi menggunakan promosi berupa periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan publisitas.

Berkaitan dengan analisis swot yang dilakukan oleh peneliti yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dana ncaman (threats). Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa kekuatan memiliki poin lebih besar daripada kelemahan, sehingga peluang untuk Produk  Tabungan Haji Mabrur lebih besar daripada ancamannya.

Kata kunci :Tinjauan, Strategi, Pemasaran, tabungan, Haji, Akad, Mudharabah


Keywords


Strategi Pemasaran, tabungan Haji, Akad Mudharabah

References


Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung; Alfa Beta, 2009).

Antonio, Muhammad Syafi’i, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik,(Jakarta; Gema Insani, 2001).

Anwar, Syamsul Hukum Perjanjian Syariah, (Jakarta; PT. Raja Grapindo Persada, 2007.)

Aqwa Naser Daulay, “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah di Indonesia”, Jurnal Human Falah: Vol. 4. No. 1 Januari-Juni 2017.

Ascarya, Akad dan Produk Bank Syariah, (Jakarta; PT Grapindo Persada, 2008).

Basrowi, dan Suwandi, Memahami Penelitian, (Jakarta; Rineka Cipta, 2008).

Dani R, Indriya dan Hayatillah, Hajj dan Umrah, (Jakarta; PT. Agro Media Pustaka, 2015).

Eldine, Achyar, Pengantar Bisnis, (Jakarta; Direktorat Jendral Perkebunan, 2013).

Fuad, Muhammad, et el, Pengantar Bisnis, (Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama, 2005).

Haming, Murdifin dan Mahpud Nurnajamuddin, Managemen Produksi Modern, (Jakarta; PT. Bumi Aksara, 2014).

Hamovinsah, Metodologi Penelitian, (Jakarta; Universitas Marcu Buana, 2008).

Ibdalsyah dan Hendri Tanjung, Fiqih Muamalah, (Bogor; Azam dunya, 2014).

IBI dan SLPP, Strategi Bisnis Bank Syariah, (Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015).

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta; Gaung Persada, 2009).

Ismail, Manajemen Perbankan dari Teori ke Aplikasi, (Jakarta; Kencana, 2010).

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, (Jakarta; PT. Raja Grapindo Persada, 2001).

, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta; PT. Raja Grapindo Persada, 2013).

KBBI, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Kotler ,Philip dan AB Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, (Jakarta; Salemba Empat, 2000).

Martono, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, (Jogjakarta; Ekonisa, 2002).

Meloeng J, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2011).

Mursid, Muhammad, Manajemen Pemasaran, (Jakarta; PT Bumi Aksara, 2010).

Nickels, G. William, et el, Pengantar Bisnis, (Jakarta; Edwar Tanujaya, 2011).

Prastowo, Andi, Metode Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta; Ar-Ruzz, 2011).




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Tamansari No. 24-26 Kota Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats