PERAN KOPERASI KARYAWAN UIKA (KIKA) DALAM MENSEJAHTERAKAN ANGGOTA (STUDI KASUS PADA KOPERASI KIKA UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR)

Ikbaludin Ikbaludin

Abstract


Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan koperasi karyawan UIKA, dan untuk mengetahui peran koperasi karyawan uika (KIKA) dalam mensejahterakan anggota. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview (waancara) dan dokumentasi. Sedangkan informan di ambil secara purposive sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Koperasi Karyawan Universitas Ibn Khaldun Bogor mampu menunjukan perannya sebagai alat perjuangan dan dapat menesejahterakan anggota.


Keywords


Peran, Kegiatan Usaha, Kesejahteraan, anggota.

References


Saebani, Amad. (2016). Peran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat, Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Armala, Elysa Riska. (2016). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Terhadap Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Riau, Jurnal Online Mahasiswa, Vol. 3, No. 3.

Beik, Irfan Syauqi. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah. Jakarta: PT Raja Grapindo Perseda.

Kartasapoetra, Bambang, dan Setiady. (1993). Koperasi Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanti, Maria Ira. (2015). Peran Koperasi Serba Usaha (KSU) “Mitra Maju” Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Di Kampung Sumber Sari Kabupaten Kutai Barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3 (2).

Mahmud, Syamsuddin. (1986). Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi dan Koperasi. Banda Aceh: PT Intermasa.

Safitri. (2016). Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Kesuksesan Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung. Skripsi Sarjana, Universitas Lampung Bandar Lampung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Mutis, Thoby. (1992). Pengembangan Koperasi, Jakarta: Grasindo.

Sartika, Titik & Soedjono, Abd. Rachman. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sari, Zulfa. (2010). Peran Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Dalam Menumbuh Kembangkan Jiwa Kewirausahaan Pada Anggota Koperasi Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.




DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung

Jalan Ranggagading No. 8 Bandung

Creative Commons License

Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats