KONSEP WARALABA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Abstract
Perkembangan dunia industri semakin pesat, beraneka ragam usaha di buka dengan leluasa. Ada banyak kopsep yang digunakan dalam berbisnis, salah satunya ialah konsep waralaba. Konsep ini adalah salah satu model bisnis termudah dan telah terbukti keberhasilannya dalam dunia bisnis. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan bisnis sistem waralaba di Negeri kita Indonesia. Permasalahan yang akan dikaji adalah bagaimana perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dan bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang bisnis waralaba tersebut. Dalam Islam, sistem waralaba dikenal dengan nama syirkah yakni perserikatan antara dua orang atau lebih dan keuntungan dibagi sesuai kesepakatan bersama. Sistem bagi hasil adalah sistem pembagian keuntungannya menurut konsep syariah Ekonomi Islam.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Mushlih, S. A.-S. dan A. (2013). Fikih ekonomi Islam. Jakarta: Darul-Haq.
Chudri, M. syarif. (2012a). Sistem ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Chudri, M. syarif. (2012b). Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Darmawan, W. (2008). Analisis Sistem Penetapan Franchise Fee Dan Royalty Fee Pada Franchise BRC.
Djazuli, A. (2011). Kaidah-kaidah Fikih (pertama). jakarta: kencana.
Ghufron, M. I. (2017). Konsep Mashlahah Maximizer Pada Hotel Syariah Perspektif Etika Bisnis Islam, 1(2), 131–143.
Idri. (2015). Hadis Ekonomi Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi (pertama). Jakarta: Kencana.
Laila, N. (2012). Pengantar ekonomi islam. malang: Kumi Advertising.
Linda, R. (2015). Ekonomi Islam Teori dan aplikasinya. PT. RadjaGrafindo Persada (Vol. 1).
Malik, C. (2007). Implikasi Hukum Adanya Globalisasi Bisnis Franchise. Hukum, 14(1), 97–113.
Maratun Shalihah. (2016). Konsep Syirkah Dalam Waralaba. Jurnal Tahkim (Vol. XII).
Mayasari, R. E. (2017). 247 waralaba (franchise) dalam sistem hukum islam dan hukum positif di indonesia, 19(2), 247–254.
Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Puji Sulistyaningsih. (2017). Sistem Bagi Hasil dalam Perjanjian Waralaba (Franchise) perspektif hukum Islam, 8(1), 139.
Rivai, M. M. (2012). Pengaturan Waralaba di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Liquidity, 1(2), 159–166.
Rusli, T. (2015). Analisis terhadap perjanjian waralaba (, 6(26).
Setiawan, D. (2013). Kerja Sama (Syirkah) Dalam Ekonomi Islam. Ekonomi, 21(September), 1–8.
Sinn., D. A. I. A. (2006). Manajemen sayriah sebuah kajian historis dan kontemporer. Jakarta: PT. RajdaGrafindo Persada.
Sukirno, Sa. (2006). Makro Ekonomi Pengantar bisnis edisi ketiga.
Suma, M. A. (2015). tafsir ayat ekonomi teks terjemah dan tafsir. jakarta: Amzah.
Syahrani, H. (2012). Bisnis Waralaba Di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Bisnis Syariah. At-Taradhi, 3(2), 131–145.
DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v3i1.4287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Syariah Faculty, Universitas Islam Bandung
Jalan Tamansari No. 24-26 Kota Bandung
Amwaluna : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.