“Identifikasi Faktor Manfaat Yang Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Bandung Terhadap Pegadaian Syariah”
Abstract
Pegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai peranan yang cukup penting dalam perekonomian. Bagi Perum Pegadaian, bisnis syariah merupakan peluang yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi, mayoritas msyarakat Indonesia yang memanfaatkan jasa pegadaian adalah muslim. Pegadaian Syariah mulai beroperasi sejak tahun 2003. Di Jawa Barat, outlet Pegadaian Syariah pada tahun 2012 sebanyak 19 outlet, khususnya di Kota Bandung outlet Pegadaian Syariah sebanyak 5 outlet.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor manfaat yang menentukan preferensi masyarakat Kota Bandung pada Pegadaian Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden yang merupakan nasabah Pegadaian Syariah yang dilakukan pada kelima cabang Pegadaian Syariah yang terdapat di Kota Bandung yaitu cabang Padasuka, cabang Situsaeur, cabang Majalaya, cabang Santri Sumedang, dan cabang Pajajaran.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 5 (lima) faktor manfaat yang menentukan preferensi masyarakat kota Bandung p0ada Pegadaian Syariah. Pertama, manfaat intelektual, respoden yang menjadi nasabah Pegadaian Syariah sudah mengetahui informasi tetang jenis barang apa saja yang dapat digadaikan. Kedua yaitu manfaat fisik dan psikis, responden yang menjadi nasabah Pegadaian Syariah menilai bahwa waktu pelayanan Pegadaian Syariah cepat. Ketiga yaitu manfaat material, responden yang menjadi nasabah Pegadaian Syariah menilai bahwa taksiran barang agunan yang diberikan pihak Pegadaian Syariah sudah memuaskan. Keempat yaitu manfaat sosial, responden pada manfaat sosial ini beranggapan bahwa jika ada barang yang telah masuk jatuh tempo maka sebelumnya ada peringatan atau pemberitahuan dari pihak Pegadaian Syariah. Yang terakhir yaitu manfaat jangka panjang, dimana rata-rata nasabah yang menjadi responden Pegadaian Syariah menginginkan agar outlet Pegadaian Syariah untuk diperbanyak lagi.
Full Text:
PDFReferences
-----------------, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, 2009, Penerbit Al-Mizan Publishing House, Bandung
Basukiabto, T.Sihol Nababan, 2004, Teori Permintaan Dalam Perspektif Filsafat Ilmu, Fokus Ekonomi, HKBP Nomensen Medan
Kasmir, 2004, Bank & Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Keenam, Penerbit PT Radja Grafindo Persada, Jakarta
Keller, Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi12, Penerbit PT Indeks
Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Prehalindo, Jakarta
Nasyiffa, Nadira, 2011, Pegadaian Konvensional Dan Pegadaian Syariah, Blog
Pandia, Frianto, 2009, Lembaga Keuangan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Pasaribu Chairuman, Suhrawadi K.Lubis, 2004, Hukum Perjanjian Dalam Islam, Penerbit Sinar Grafika Offset, Jakarta
Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabetha, Bandung
Sofia, Agha, 2008, Solusi Pegadaian , Apa & Bagaimana?, Penerbit CV Multi Trust Creative Service, Bandung
Syahruddin, 1991, Teori Ekonomi Mikro, LPFE-UI, Jakarta
www.kompas.co.id
www.pegadaian.co.id
DOI: https://doi.org/10.29313/.v9i2.2304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Copyright of Dinamika Ekonomi: Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan (ISSN 1693-0606 | E-ISSN 2598-6287 )
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.