PENINGKATAN KEMAMPUAN USAHA KECIL MENENGAH DI WILAYAH BANDUNG RAYA DALAM PEMANFAAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PERLUASAN JANGKAUAN PASAR

Djamaludin Djamaludin, Aviasti Anwar, Otong Rukmana

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah khususnya di bidang Industri Kreatif pada saat ini dan yang akan datang dapat dijadikan andalan bagi peningkatan pendapatan masyarakat dan negara, dikarenakan lebih bertumpu pada kemampuan dan kreatifitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah masing-masing. Program PKM yang dilakukan ditujukan untuk peningkatan omset dan perluasan pasar usaha kecil industri kreatif di lingkungan Kota Cimahi dan Bandung, melalui alih pengetahuan dan teknologi dalam hal perancangan dan pembuatan bisnis secara online, pemanfaatan Jejaring E-Commerce yang sudah ada dan berskala besar baik yang bersifat nasional maupun internasional, pemanfaatan transaksi perbankan secara online, Penggunaan Social Media dan Search Engine Optimization (SEO) dalam penjualan dan pemasaran secara online. Diharapkan dengan terselenggaranya pelatihan ini dapat meningkatkan jangkauan pasar dan jaringan bisnis berbasis internet baik lokal, nasional maupun internasional bagi pelaku usaha di Kota Cimahi, Kota Bandung dan Propinsi Jawa Barat pada umumnya.

Keywords


Usaha Kecil Menengah, Perluasan Pasar, Jejaring E-Commerce, Social Media

References


Chaffey, Dave (2008). eMarketing eXcellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing, Elsevier Ltd.

Combe, Colin (2006). Introduction to E-Business : Management and Strategy, Elsevier Ltd.

Cassidy, Anita (2002). Planning for E-Business Success: How to E-Enable Your Enterprise, ST.Lucie Press.

Cornin, Martin (2002). eBusiness: Where Are We and Where Do We Go From Here?, Forfas.

Developers from DevZone (2011). Building eCommerce Applications, O’Reilly Media.

Ian, B (2010). The latest in Search Marketing, Internet Advertising Bureau.

Kalakota & Winsley (1997), E-Business Roadmap to Success, Addison Wesley

Kehal,Harbhajan S. (2005), Digital Economy: Impacts, Influence and Challenge, Idea Group Publishing.

Lachtnain Antoin (2007). Making an Impact Online, A&C Black.

Lamersdof, Winfried (2004). Building the E-Service Society: E-Commerce, E-Business, and E-Government, Kluwer Academic Publishers.

Sawhney, Mohan (2001). The Seven Steps to Nirvana, McGraw Hill.

Weinberg, Tamar (2009). The New Community Rules : Marketing on The Social Web, O’Reilly.

W.S. Whyte (2001). Enabling E-Business: Integrating Technologies Architectures and Applications, John Wiley & Sons Ltd.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License