KNOWLEDGE MANAGEMENT DI INSTANSI PEMERINTAH

Tri Pujadi, Tumar Tumar

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai adalah menyusun model manajemen pengetahuan di instansi pemerintahan. Kegiatan ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode soft system methodology. Faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini adalah tersedianya data dan informasi diberbagai instansi pemerintah dan swasta. sekaligus penguasaan metodologi dalam analisis. Persaingan internasional pada saat ini cenderung lebih ketat dan kompleks, untuk itu perlu dicari cara agar mendapatkan produk atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat. Inovasi yang kreatif dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang memerlukannya. Sehingga unit-unit di pemerintahan sangat tergantung dari pengelolaan pengetahuan apakah akan terjadi siklus knowledge yaitu perpindahan dari tacit ke explicit knowledge dan ke tacit knowledge. Oleh karena itu pengelolaan knowledge (knowledge management) ini menjadi penting bagi pengembangan pelayanan, karena masyarakat semakin kritis dan cerdas dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia bagi pemangku kepentingan.

Keywords


Model, knowledge management, instansi pemerintahan

References


Barclay and Murray, Al-Hawamdeh, S. (1997). Knowledge management: cultivating knowledge professionals. Rollinsford, NH: Chandos Publishing.

Davenport, T. H., and Prusak, L. (1998). Working knowledge: how organizations manage what they know. Boston: Harvard Business School Press.

Grey, Groff, T., and Jones, T. (2003). Introduction to knowledge management. Boston:

Butterworth-Heinemann.

Brigs , Mark W. Mc. Elroy (1989). The New Knowledge Management : Complexity, Learning and Sustainable Innovation , Butterworth Heinemann, USA. ISBN : 978-0750676083

McElroy, M. (2002). Ethics, innovation and the open enterprise. Knowledge Management,

(1). Available at http://www.kmmagazine.com/xq/asp/sid.0/articleid.

Rusonow, G. (2003). Knowledge management and the smarter lawyer. New York:

ALM Publishing.

Wiig, D. Bonner (Eds.), In action: leading knowledge management and learning, pp.

–70. Alexandria, VA: American Society for Training and Development.

Zhitian Zhou, Feipeng Gao (2007), E-government and Knowledge Management, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, VOL.7 No.6, June 2007




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1686

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1686.g1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License