PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN

R. Ceha, Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, Agus Nana S.

Abstract


Dalam upaya peningkatan mutu mengajar dan mutu pembelajaran di era globalisasi, guru sebaiknya menguasai program komputer, agar dapat memanfaatkan teknologi yang telah tersedia dan untuk memudahkan dalam mengajar. Guru hendaknya dapat menggunakan peralatan yang lebih ekonomis, efisien, dan mampu dimiliki oleh sekolah, tidak menolak digunakannya peralatan teknologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman, serta mempunyai berbagai keterampilan yang mendukung tugasnya dalam mengajar. Salah satu keterampilan tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat menggunakan media pembelajaran (Syaiful Bahri, 2006). Guru dapat membuat kreasi dan variasi media interaktif, pembuatan CD pembelajaran interaktif, powerpoint, dan dengan media komputer. Masalah utama yang dihadapi mitra saat ini adalah kemampuan guru dalam pemanfaatan IT atau ICT untuk kegiatan pembelajaran belum merata. Selain itu juga masih adanya kesenjangan literasi TIK antar wilayah di satu sisi dan perkembangan internet yang juga membawa dampak negatif terhadap nilai dan norma masyarakat sehingga perlu dilakukan upaya secara aktif dari semua stakeholder sekolah dalam peningkatan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada kegiatan pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru untuk membuat bahan ajar pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada di sekolah mitra dalam pemanfaatan Teknologi Informasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Keywords


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kualitas pembelajaran

References


Dewi Salma Pradwiradilaga, dkk., 2007, Pendayagunaan Teknologi Pendidikan di Negara Tetangga, Mozaik Teknologi Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Fathul Wahid, Teknologi Informasi dan Pendidikan, 2007, Ardana media, Yogyakarta

Isjoni, dkk., 2008, ICT Untuk Sekolah Unggul Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zein, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2007, Pustaka Pelajar , Yogyakarta.

Hamruni, 2009, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

http://www.maarif-u.or.id/Opini/tabid/175/articleType/ArticleView/articleId/153/ Pentingnya-Teknologi-dan-Informasi-dalam-Dunia-Pendidikan.aspx diakses 9/12/201




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693.g1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

P2U LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License