Stimulasi Bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)_Harapan Mulya, Kemayoran, Jakarta Pusat

Yusnita Mahmur, Sophianita T Amany

Abstract


Abstract. Child protection is a family and community duty. Stimulates preschoolers by playing. Playing can build children's intelligence, imagination, motor skills, social interaction and emotional development (Davida, 2004). The Child Friendly Integrated Public Space  called RPTRA ( Ruang Public Terpadu Ramah Anak)  is an open space that combines the activities and activities of citizens by implementing 10 (ten) main programs of Family Empowerment and Welfare to integrate with Child Friendly City program. To optimize the function of RPTRA and to stimulate the growth of children under five need to do stimulation of structured play. Community service activities aimed at the preparation of guidelines and skills training for mothers about play stimulation for toddlers. The method undertaken in this activity is the preparation of guidelines and skills training. This activity was carried out in Harapan Mulya RPTRA , Harapan Mulya Sub-district, Kemayoran Sub-district, Central Jakarta on February 28, 2017. The result of this activity is knowledge improvement at 100% (target 70%) and 100% Target 70%. Participants are very enthusiastic about play stimulation material. One of the obstacles faced is the follow-up monitoring of play stimulation at home by participants. The conclusion of this activity is the increase of participant's knowledge and participant's satisfaction to this activity. It is recommended to monitor follow-up at home by cadre of bina balita in Harapan Mulya urban village and provision of playground facility that stimulates growth in RPTRA Harapan Mulya

Keywords: play stimulation, growth, RPTRA, mother, toddler

Abstrak. Perlindungan anak ini merupakan tugas keluarga dan masyarakat. Menstimulasi anak usia prasekolah dengan bermain. Bermain dapat membangun intelegensi anak, imajinasi, kemampuan motorik, interaksi sosial dan perkembangan emosi (Davida, 2004). Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah tempat dan/atau ruang terbuka yang memadukan kegiatan dan aktivitas warga dengan mengimplementasikan 10 (sepuluh) program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk mengintegrasikan dengan program Kota Layak Anak. Untuk mengoptimalkan fungsi RPTRA dan menstimulasi tumbuh kembang anak balita perlu dilakukan stimulasi bermain yang terstruktur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan penyusunan panduan dan pelatihan keterampilan untuk ibu tentang stimulasi bermain untuk balita . Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah penyusunan panduan dan pelatihan keterampilan. Kegiatan ini dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Harapan Mulia, Kelurahan Harapan Mulia, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat pada tanggal 28 Februari 2017. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pada 100% (target 70%) dan angka kepuasan peserta 100% dari target 70%. Peserta sangat antusias dengan materi stimulasi bermain. Salah satu kendala yang dihadapi adalah pemantau tindak lanjut stimulasi bermain di rumah oleh peserta. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan peserta dan kepuasan peserta terhadap kegiatan ini. Disarankan adanya pemantauan tindak lanjut di rumah oleh kader bina keluarga balita di Kelurahan Harapan Mulya dan penyediaan fasilitas alat bermain yang menstimulasi tumbuh kembang di RPTRA Harapan Mulya.

Kata kunci: stimulasi bermain, tumbuh kembang, RPTRA, ibu, balita


Keywords


stimulasi bermain, tumbuh kembang, RPTRA, ibu, balita

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI, 2010. Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang. Jakarta : Kemenkes RI

Mcwhinney I and Freeman T. 2009. Texbook of Family Medicine 3rd ed. Newyork : Oxford University Press Inc

Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Provinsi DKI Jakarta. Pergub No.196 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan RPTRA. Jakarta

Rakhmawati, I, 2015. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol.6, No.1, Juni 2015

Republik Indonesia. 2002. UU No.23 tentang Perlindungan Anak. Sekretariat Negara. Jakarta

Siswono. 2002. Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan . Cetakan Pertama. Jakarta: EGC.

Soedjtmiko. 2008. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC

Sunarsih T. 2012. Hubungan Antara Pemberian Stimulasi Dini Oleh Ibu Dengan Perkembangam Balita Di Taman Balita Muthia Sido Arum, Sleman Yogyakarta Tahun 2010. E-Journal, journal.respati.ac.id

Wulandari, SR dan Sari,GK. 2016. Pengaruh Media Bermain dengan Perkembangan Anak diukur dengan Denver II pada Anak Usisa Toddler (1-3 Tahun) . ejournal.stikes-yogyakarta.ac.id/index.php/jksi/article/view/74




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.2413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License