Upaya Peningkatan Penjualan pada Pelaku Usaha Rumahan Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, Banten Melalui E-Commerce
Abstract
Abstract. The Law of the Republic of Indonesia Number 20 Year 2008 About Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) One point in clause 4 says that empowerment for UMKM is very necessary in order to increase self-reliance, togetherness and entrepreneurship, and one item in clause 5 says that grow and develop the ability of UMKM into a strong and independent business. Based on the above, the objectives and targets of the program of community service activities performed by servants in the sub-district of Cigadung subdistrict Karang Tanjung Pandeglang Banten are: 1) to increase the growth rate of sales of home business actors by utilizing ICT as a medium of marketing products on-line; 2) to improve the quality of life, independence, and economic welfare hence required assistance and big involvement of the local government tools, as well as various parties including institutions of higher education as a form of dedication to the community is needed concrete support. The methods to be used in this PPM program are lecture / exposure methods and practices to provide insight into marketing strategies by utilizing ICTs, and creating e-commerce websites. The resulting output is a product of e-commerce website that can be utilized by home-based business actors to be able to update products offered at any time with reference to marketing strategy.
Keywords: UMKM, e-commerce, on-line sales
Abstrak. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah salah satu butir pada pasal 4 mengatakan bahwa pemberdayaan bagi UMKM sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemandirian, kebersamaan dan kewirausahaan, serta salah satu butir pada pasal 5 mengatakan bahwa menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dan target dari program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pengabdi diwilayah kelurahan Cigadung kecamatan Karang Tanjung Pandeglang Banten adalah: 1) untuk meningkatkan laju pertumbuhan penjualan pelaku usaha rumahan dengan memanfaatkan TIK sebagai media memasarkan produk secara on-line; 2) untuk meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan ekonomi maka diperlukan pendampingan dan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah, serta berbagai pihak termasuk institusi perguruan tinggi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat sangat dibutuhkan dukungannya secara kongkrit. Metode yang digunakan dalam program kegiatan PPM ini adalah metode ceramah/paparan dan praktek untuk memberikan masukkan tentang strategi pemasaran dengan memanfaatkan TIK, dan membuat website e-commerce. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah produk berupa website e-commerce yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha rumahan untuk dapat mengupdate produk-produk yang ditawarkan setiap saat dengan mengacu pada strategi pemasaran.
Kata Kunci: UMKM, e-commerce, penjualan on-line,
Full Text:
PDFReferences
Bertha Silvia Sutejo, 2006, Internet marketing: Konsep dan Persoalan Baru Dunia Pemasaran” Jurnal Manajemen, Vol.6, No.1, Nov 2006 “)
Fandi Tjiptono, Gregorius Chandra dan Dedi Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit Andy, Jakarta.
Fandi Tjiptono, Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality dan Satisfaction, Penerbit Andy, Jakarta.
Kotler, Philip and Amstrong, Gary, 2012, Principles Of Marketing, Fourteen Edition, Pearson Education Limited, England
Kotler, Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi ke ketiga belas, Penerbit Airlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan AB Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kalakota and Whinston. (1996). Frontiers Of Electronic Commerce, Addison-Wesley Publilshing Company, Inc, Massachusetts.
M. Suyanto. (2005) Artikel: Aplikasi IT untuk UKM Menghadapi Persaingan Global. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta
Muslichah Erma Widiana1, Henky Supit2, Sri Hartini2, 2012, Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur,Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14,No.1, Maret 2012:72-82
Oviliani Yenty Yuliana, Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis, 2000, Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 36 – 52.
Sumber Online:
http://banten.antaranews.com/berita/22124/bupati-laju-pertumbuhan-ekonomi-Pandeglang-positif diakses 27 April 2015.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.