Perintisan Taman Baca Tunas Merapi di Dusun Druwak

Eko Didik Widianto, Wahyu Krisna Hidayat, Aris Sugiharto, Ari Wibawa Budi Santosa

Abstract


Taman baca di dalam masyarakat merupakan salah satu instrumen penting untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan pengetahuan. Ruang baca yang tersedia sebelumnya di dusun Druwak terletak di dalam ruang kelas Kelompok Bermain sehingga akses dan penggunaan ruang baca terbatas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk merintis pembangunan taman baca di dusun Druwak. Taman baca ini telah berisi koleksi buku yang dapat diakses oleh masyarakat sekitar dan telah diklasifikasikan berdasarkan subjeknya. Pembangunan taman baca tersebut telah mengatasi permasalahan keterbatasan akses dan penggunaan ruang baca sebelumnya dengan variasi koleksi buku bacaan dan ruang yang menarik. Program perintisan taman baca lebih lanjut diharapkan dapat membuat masyarakat menjadi lebih gemar membaca.

Keywords


Taman baca; ruang baca;koleksi buku;komunitas gemar baca

Full Text:

PDF

References


Arifa, N., Isnanto, R.R., dan Nurhayati, D.N. (2014). Perancangan Permainan Membuat Bioetanol dari Limbah Buah Menggunakan Adobe Flash CS3, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 2, No. 1 pp. 87-95. (http://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/4763) diunduh pada 16 Oktober 2017.

Arikunto, S. (2010). "Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek", Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Carlo, N., Yanti, Y. dan Septe, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Rentan Bencana Nagari Salayo Menuju Nagari Tangguh Bencana, Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi), Vol. 5, No. 1, pp. 130-135. (http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/2257) diunduh pada 10 Desmber 2017.

Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., dan Nana, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran, Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi), Vol. 4, No. 1, pp. 131-138. (http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/1693) diunduh pada 10 Desember 2017.

Kamah, I. dan Rachmanata, D.P. (2002). "Pedoman Pembinaan Minat Baca", Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Kamsul, K. (2011).Strategi Pengembangan Minat dan Gemar membaca. (http://www.academia.edu/download/51918409/STRATEGI_PENGEMBANGAN_MINAT_BACA.pdf) diunduh pada 16 Oktober 2017.

Lesmana, H.C., Isnanto, R.R. dan Widianto, E. D. (2016). Perancangan Aplikasi Sholat YUKK pada Android sebagai Media Pembelajaran Ibadah Shalat Anak-Anak, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4, No. 4, pp. 502-509. (https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/12807) diunduh pada 10 Desember 2017.

Putri, B. D. C., Kridalukmana, R. dan Widianto, E. D. (2016). Perancangan Aplikasi Permainan Multiplayer Gobak Sodor Berbasis Flash Di Lingkup Jaringan Lokal, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol. 4, No. 2, pp. 259-265. (https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.2.2016.259-265) diunduh pada 16 Oktober 2017.

Ranganahan, S. R. (1931). The Five Laws of Library Science. (https://babel.hathitrust.org/cgi/pt?id=uc1.$b99721) diunduh pada 16 Oktober 2017.

Sobri, A. J. dan Rochman, C. (2009). "Pengelolaan Pendidikan", Yogyakarta: Multi Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License