Mendeley: untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen
Abstract
Abstract. In a successful college can not be forgotten the existence of this one factor is the lecturer. Lecturers are the key to success in universities to educate students and students to be useful for the nation and the nation in the future. Some of the lecturers' duties include teaching, research and community service often mentioned by Tri Darma Perguruaan Tinggi. Of the three obligations of a lecturer is asked to have the ability to write skills such as Reports, Theses, Theses, Dissertations, Books, Articles and others. However, to be able to write well it is necessary to practice continuously and know the tools to write one is the tool for the citation and bibliography. Therefore required tools / applications that can help lecturers to write citations and bibliography. Mendeley is an application that can be used to write citations and bibliography but not all lecturers can use this application. Methods in an effort to improve the ability to write lecturers do with several stages of lecture training materials / workshops about the contents of the introduction of Mendeley applications and videos about the ease of using this application, Practice using Mendeley application, Provide an opportunity for participants to ask questions or discussions about the material submitted, Conducting a survey to evaluate is done by spreading Pretest & Posttest quizoner with success indicator of success level understanding of participants in this program is 80%. The result of this activity proves that the lecturer can improve his writing ability is very positive for the development of lecturers expertise in making scientific research work.
Keywords: Quality of lecturer, Writing, Quote, References
Abstrak. Didalam perguruan tinggi yang sukses tidak bisa dilupakan adanya faktor yang satu ini yaitu dosen. Dosen merupakan kunci sukses dalam perguruan tinggi untuk mendidik mahasiswa dan mahasiswi agar dapat berguna bagi nusa dan bangsa dimasa yang akan datang. Beberapa tugas dosen diantaranya mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sering disebutkan dengan Tri Darma Perguruaan Tinggi. Dari tiga kewajiban seorang dosen tersebut dosen ditutut untuk memiliki kemampuan dalam menulis seperti Laporan, Skripsi, Tesis, Disertasi, Buku, Artikel dan lain-lain. Namun, untuk dapat menulis dengan baik maka perlu latihan secara terus menerus serta mengetahui alat bantu untuk menulis salah satunyanya adalah alat bantu untuk kutipan dan daftar pustaka. Oleh karena itu diperlukan alat/aplikasi yang dapat membantu dosen untuk menulis kutipan dan daftar pustaka. Mendeley merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis kutipan dan daftar pustaka namun tidak seluruh dosen dapat menggunakan aplikasi ini. Metode dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis dosen lakukan dengan beberapa tahapan yaitu ceramah materi pelatihan/workshop tentang dengan isi yaitu pengenalan aplikasi Mendeley dan video tentang mudahnya menggunakan applikasi ini, Praktek menggunkan aplikasi Mendeley, Memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan pertanyaan atau diskusi mengenai materi yang disampaikan, Melakukan survei untuk mengevaluasi dilakukan dengan cara menyebarkan kuisoner Pretest & dan Posttest dengan Indikator keberhasilan kerberhasilan tingkat pemahaman peserta pada program ini adalah 70 %. Hasil dari kegiatan ini membuktikan bahwa tingkat pemahaman dosen 85 % dapat meningkatkan kemampuan menulis kutipan dan daftar pustaka dan sangat positif bagi pengembangan keahlian dosen dalam membuat karya ilmiah.
Kata Kunci: Kualitas dosen, Menulis, Kutipan, Daftar Pustaka
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusta, L. (2013). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV Haragon Surabaya. Agora, 1(3), 1399–1408.
Anshori, D. S. (1996). Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa Melalui Model Workshop dalam Perkuliahan Kepenulisan pada Program Nonkependidikan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI. Action Research, 5.
Costas, R., Zahedi, Z., & Wouters, P. (2015). Do “altmetrics” correlate with citations? Extensive comparison of altmetric indicators with citations from a multidisciplinary perspective. Journal of the Association for Information Science and Technology, 66(10), 2003–2019. https://doi.org/10.1002/asi.23309
Fairclough, R., & Thelwall, M. (2015). National research impact indicators from Mendeley readers. Journal of Informetrics, 9(4), 845–859. https://doi.org/10.1016/j.joi.2015.08.003
Haryati, R. (2012). Survey kinerja dosen pembimbing skripsi dan kualitas skripsi mahasiswa akuntansi stie malangkucecwara. Jurnal Dinamika Akuntansi, 4(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/jda.v4i2.2170
Mohammadi, E., Thelwall, M., Haustein, S., & Larivi??re, V. (2015). Who reads research articles? An altmetrics analysis of Mendeley user categories. Journal of the Association for Information Science and Technology, 66(9), 1832–1846. https://doi.org/10.1002/asi.23286
Nofrizal. (2017). Cara Menggunakan Mendeley Untuk Daftar Pustaka dan Referensi. Retrieved March 10, 2018, from https://dosennofrizal.blogspot.co.id/2017/02/cara-menggunakan-mendeley-untuk-daftar.html
Ridwan, A. S. S. (2017). Peningkatan Mutu Dikalangan Guru Sd Dengan Kemampuan Penyusunan Proposal Ptk. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 23–30.
Santosa, M. H. (2002). Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) Dalam Pembelajaran Menulis. Universitas Pendidikan Ganesha, 1–34.
Siagian, S. S. I. 1. (2015). Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(9), 1–20.
Wahyudi, I. (2015). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui workshop di kkg gugus 02 kecamatan sumbermalang tahun 2014/2015. Pancaran, 5(1), 67–82.
DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.