Upaya Peningkatan Peran Serta Kelompok PKK dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Majestika Septikasari

Abstract


Sebagian besar anggota kelompok PKK RT 3 RW 8 Desa Tritihlor, Kecamatan Jeruklegi, adalah ibu bekerja dan 2 diantaranya adalah kader kesehatan.  Banyaknya ibu yang bekerja berdampak pada pola hidup termasuk dalam konsumsi makanan. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan terhadap 5 ibu anggota kelompok PKK RT 3 tiga diantaranya mengatakan lebih dari 3 kali dalam satu minggu membeli makanan dari warung dan semua ibu mengatkan tidak pernah olahraga. Pola hidup yang demikian berisiko meningkatkan penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian sebesar 68%. Mitra kader yang ada belum memiliki kemampuan melakuan pemeriksaan sederhana untuk mencegah penyakit tidak menular. Sebagian mitra tidak tau dan belum pernah melakukan pengecekan rutin kesehatan untuk mendeteksi penyakit tidak menular oleh karena telah dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi penyakit tidak menular, kegiatan alih bina informasi dengan tujuan meningkatkan pemahaman mitra tentang penyakit tidak menular dan upaya mencegahnya serta melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit tidak menular. Hasil kegiatan antara lain pengetahuan mitra tentang penyakit tidak menular dan upaya pencegahannya telah meningkat, mitra kader telah terampil dalam melakukan pemeriksaan sederhana untuk mencegah penyakit tidak menular serta terdeteksi 1 orang obesitas tingkat I, 10 orang obesitas tingkat II dan 2 orang dengan hipertensi


Keywords


Penyakit; tidak menular; deteksi

Full Text:

PDF

References


Ayu, Noor Rochmah Ida, Siti Haniyah, and Gatri Asti Putri. 2014. “Kejadian Hipertensi Berhubungan Dengan Pola Makan.” Viva Medika 7(2).

Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. 2012. “Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM).” Kementerian kesehatan RI: 39.

Kemenkes. 2014. “Infodatin Diabetes: Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.” Kementrian Kesehatan RI 1–6.

Kemenkes.RI. 2014. “InfoDATIN Hipertensi.” Infodatin (Hipertensi): 1–7.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. “Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbanyak Di Indonesia, Jakarta.” Depkes RI: 2014–15.

Mairizal, Lutfy. 2017. “80 Persen Penyakit Tidak Menular Disebabkan Oleh Hidup Tidak Sehat Artikel.” https://sains.kompas.com.

Nur, Nida Nabilah, and Efrida Warganegara. 2016. “Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular.” Medical Journal Of Lampung University (MAJORITY) 5: 88–94.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License