Workshop Media Animasi untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di Kelurahan Kefamenanu Tengah

Yohanis Ndapa Deda

Abstract


Abstract. Dedication was conducted for the purpose of raising creativity primary school teachers in Kelurahan Kefamanu Tengah in terms of find the area of square, rectangular, and triangular by using Microsoft PowerPoint. The methodology that was used in the event are: lectures, demonstration, direct practices, question and answer session, and assignment. Participants who take part in this workshop are 17 primary school teachers in Kelurahan Kefamanu Tengah. The subjects given to participants covering turn Microsoft PowerPoint, worksheets Microsoft PowerPoint, a function of tools in Microsoft PowerPoint, make and insert a picture, and moving pictures by using a custom animation. This workshop activities had a positive impact for SDN Kenari teachers. Before held workshop activities, they could neither make animation with the application Microsoft PowerPoint. After further workshop activities and held evaluation has been an increase in highly significant, more than 80% can make well animation of pictures.

Abstrak. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru sekolah dasar di Kelurahan Kefamenanu Tengah dalam hal menghitung luas persegi, persegi panjang, dan segitiga dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Peserta yang mengikuti workshop sebanyak 17 guru SD di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Materi yang diberikan kepada peserta meliputi Mengaktifkan Ms. PowerPoint, Lembar Kerja Ms. PowerPoint, Fungsi dari Tools dalam Ms. PowerPoint, membuat dan Menyisipkan Gambar, dan menggerakkan gambar dengan menggunakan custom animation. Kegiatan workshop ini berdampak positif kepada guru-guru SDN Kenari di Kelurahan Kefamenanu Tengah. Sebelum diadakan kegiatan workshop, mereka sama sekali tidak dapat membuat animasi dengan program Microsoft PowerPoint. Setelah diadakan kegiatan worshop dan diadakan evaluasi terjadi peningkatan yang sangat signifikan, lebih dari 80% dapat membuat animasi gambar.


Keywords


Media Animasi, Microsoft PowerPoint, Kreatifitas Guru

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, H.Y., Fauziyah, A.N., & Masfufah. 2016. Pengembangan Kapasitas Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi di MINU Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 4 Nomor 1 Mei 2016 Hal. 158 - 178

Arikunto, S., dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Angkasa: Jakarta.

Badri, N. & Riasti, B. K. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Smk Negeri Tiga Jepara Dengan Materi Power Point 2007. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed-IJCSS:10(3)

Ena,O.T. 2010. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi.

https://triansyah.wordpress.com/2010/07/23/membuat-media-pembelajaran-interaktif-dengan-piranti-lunak-presentasi/

Karyati, F. 2016. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik Al–Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora Volume 1 Nomor 2, April 2016.

Purwandari, E.P., Anggriani, K., & Noperman, F. 2016. Peningkatan Keterampilan Guru SD Dalam Pembuatan Media Animasi Untuk Menanamkan Sikap Pelestarian Hewan Bagi Siswa. Jurnal Rekursif, Vol. 4 No. 3 September 2016.

Shabrina, L. 2012. Upaya meningkatkan pemahaman konsep dan daya kreatif siswa melalui media animasi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.

Sudianto, dkk. 2014. penggunaan media animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galing. FKIP Untan: Kalimantan.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.4151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License