Upaya Peningkatan Penerapan Ipteks Melalui Pelatihan dan Peningkatan Kualitas Guru Serta Nilai Tambah Jasa Pelayanan Di SLB

Restyaliza Dhini Hary, Ilham Tri Maulana

Abstract


Abstract. This activity aims to improve the application of science and technology at Special Schools (SLB) through training in making ICT-based learning media for SLB teachers in Padang City. This is motivated by the problems faced by the community, especially at the Padang Karya SLB and SLB Bina Bangsa, which include: (1) the lack of facilities and infrastructure that support ICT-based learning (Information and Computer Technology) such as computers, projectors and loudspeakers (speakers ); (2) lack of teachers' ability to master ICTs and make ICT-based learning media interesting and effective for students with special needs; (3) the unavailability of facilities in the form of a system that can provide information to the public and the government about schools; and (4) there is no training in managing information systems regarding schools. Therefore, an activity is needed that can help overcome partner problems through the Community Partnership Program (PKM). The methods for implementing PKM activities include preparation, training, monitoring and evaluation, and reflection. The results of the implementation of this activity include: (1) increasing teacher competency in mastering ICT; (2) increasing the application of science and technology in the form of using Interactive CD media in the learning process; (3) improving the quality and added value of educational services through the application of web-based information systems about the two schools; and (4) improving community values in the field of education through the application of ICT


Abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan Ipteks di Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK kepada guru-guru SLB yang ada di Kota Padang.Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya di SLB Karya Padang dan SLB Bina Bangsa, yang meliputi: (1) kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) seperti komputer, projektor, dan pengeras suara (speaker); (2) kurangnya kemampuan guru dalam menguasai TIK dan membuat media pembelajaran berbasis TIK yang menarik dan efektif bagi siswa berkebutuhan khusus; (3) belum tersedianya sarana berupa sistem yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan pemerintah tentang sekolah; dan (4) belum adanya pelatihan dalam penglolaan sistem informasi mengenai sekolah. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan yang dapat membantu mengatasi permasalahan mitra melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini meliputi: (1) peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan TIK; (2) peningkatan penerapan Ipteks berupa penggunaan media CD Interaktif dalam proses pembelajaran; (3) peningkatan kualitas serta nilai tambah jasa pelayanan pendidikan melalui penerapan sistem informasi berbasis web tentang kedua sekolah; dan (4) perbaikan tata nilai masyarakat di bidang pendidikan melalui penerapan TIK.


Keywords


media pembelajaran, SLB Karya Padang, SLB Bina Bangsa, TIK

Full Text:

PDF

References


Chodzirin, M. 2016. Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Dimas, 16(2), 309-332. Retrieved from journal.walisongo.ac.id/index.php/dimas/article/download/1095/903

Maulana, I. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Mata Diklat Jaringan Dasar. Indonesian Journal Of Computer Science, 6(1), 96-108. Retrieved from http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/index.php/ijcs/article/view/4

Kemendikbud. 2016. Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2015/2016. Jakarta, Indonesia: Sekretariat Jenderal, Kemendikbud, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Sujarwo, Anton. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Berdasarkan Karakteristik Siswa pada Mata Pelajaran Biologi XI SMA Malang. Skripsi. Malang, Indonesia: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.4199

DOI (PDF): https://doi.org/10.29313/ethos.v7i1.4199.g2541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License