Pelatihan Pendidikan Karakter pada Anak Pekerja di Yayaysan Swara Peduli Indonesia Jakarta

Calida Claudia, Handini Prabawati, Maslihatun Malihah, Mutiara Novrezi, Selly Sahara, Dini Safitri

Abstract


Abstract. The high level of population growth, unstable income increases, low economic income into several factors that causes children to become victims. They have work to help their parents to make ends meet. The uncontrolled social interactions they receive while working are at risk of bad behavior. The purpose of this study was to determine the effectiveness of character education in shaping the personality of children at the Swara Peduli Indonesia Foundation in East Jakarta.The research method is learning while playing, used in efforts to increase learning motivation and explore oneself in children. The theory used is Piaget's cognitive theory and Bateson's theory in practicing and consolidating concepts, on children's skills and increasing their ability to understand levels of meaning. The results showed that from the two methods used, namely interactive games and educational films, children can think critically and creatively by processing words into an answer. In addition, children understand manners, how to behave with peers, and respect each other.

Keywords: Character Education, Children, Interactive games and Educational films


Abstrak. Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk, tidak stabilnya peningkatan penghasilan, pemasukan ekonomi rendah menjadi beberapa faktor yang mengakibatkan anak-anak menjadi korban. Mereka harus bekerja membantu orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Interaksi sosial tidak terkontrol yang mereka terima saat bekerja beresiko terhadap tingkah laku yang buruk. Tujuan kajian ini untuk mengetahui efektivitas pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian anak di Yayasan Swara Peduli Indonesia di Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain, metode digunakan dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengeksplor diri anak. Teori yang digunakan adalah teori kognitif- Piaget dan Teori Bateson dalam mempraktekan dan melakukan konsolidasi konsep, pada keterampilan anak-anak serta meningkatkan kemampuan untuk memahami karakter yang baik. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dari dua metode yang digunakan yaitu games interaktif dan film edukasi, membuat anak-anak dapat berpikir kritis dan kreatif dalam mengolah kata-kata menjadi sebuah jawaban. Selain itu anak-anak mengerti dengan perilaku sopan santun, bagaimana perilaku dengan teman sejawat, dan sikap saling menghargai sesama.

 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak-anak, Games Interaktif dan Film Edukasi


Keywords


Pendidikan Karakter, Anak-anak, Games Interaktif, Film Edukasi

Full Text:

PDF

References


Buku.

Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Susana Widyastuti. 2010. Belajar Sambil Bermain. Klaten: Sekolah Teruna Bangsa Klaten Margorejo.

Doni Kusuma A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Mayke S. Teja Saputra. 2001. Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jurnal.

Sanusi M. (1997). Anak Jalanan, Permasalahan dan Cara Penanganannya. Majalah Penyuluh Sosial (23 Juli 1997) hal: 23.

Parsudi Suparlan. (1984). Manusia, Kebudayaan, dan Lingkungannya/Kemiskinan di Perkotaan. Bandung: Yayasan Obor Indonesia.

Odi Shalahudin (2004). Di Bawah Bayang-Bayang Ancaman. Penelitian Universitas Muhammadiyah Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Soenarko. (2010). Konsep Pendidikan Karakter. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Skripsi.

Ari Subehi, Sofyan. “Pendidikan Karakter bagi Anak Jalanan melalui Comprehensive Project di Rumah Singgah Teduh Berkarya Yogakarta”. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNY. Yogyakarta.

Internet.

Umam, Fahrul. “Swara Peduli Indonesia Jakarta”. 30 Maret 2019. https://swarapeduli.org/pembinaan -anak-jalanan/

Asmawati. “Rumah Tempat Anak Jalanan Singgah”. 04 Maret 2019. http://anjal.blogdrive.com/archive/ 11.html/




DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.4909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

LPPM Unisba, Lantai 2, Jl. Purnawarman 63, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 , (022) 4264064. ethos.unisba@gmail.com / ethos@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License